Kanwil dan UPT Pemasyarakatan Canangkan Bulan Semarak Kemerdekaan RI ke-72

Share:

Pekanbaru, INFO_PAS – Seluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM, baik pusat maupun kantor wilayah (kanwil) secara serentak menggelar apel pencanangan Bulan Semarak Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 bertema “Merdeka Jiwa Raga, Berkarya Untuk Indonesia,” Senin (31/7). Di Kanwil Kemenkumham Riau, pencanangan tersebut dipusatkan di Lemnaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pekanbaru.

“Jadikan Bulan Semarak Kemerdekaan sebagai mood booster untuk memacu meningkatkan kinerja Kemenkumham. Laksanakan secara sinergis sesuai dengan tanggung jawab yang telah ditetapkan dan disepakati bersama dalam kepanitiaan,” pesan Kepala Kanwil (Kakanwil) Kemenkumham Riau, Dewa Putu Gede kala membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna H. Laoly.

Pencanangan Bulan Semarak Kemerdekaan ditandai dengan pelepasan balon udara dan penyerahan kaos yang akan digunakan selama kegiatan oleh ketua panita kepada Kakanwil. Pada kesempatan itu, Dewa juga mengukuhkan Pramuka Lapas Pekanbaru Gudep 07-075 yang ditandai dengan penyiraman air kepada perwakilan Pramuka.

pencanangan Bulan Semarak Kemerdekaan di Rutan Bantul

Di Balikpapan, pencanangan kegiatan serupa di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Balikpapan berjalan dengan lancar. “Kemerdekaan adalah hak segala bangsa, termasuk Indonesia. Momentum awal dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia dengan tema nasional yang telah disepakati, yaitu “Indonesia Kerja Bersama” dan untuk lebih membumikan menetapkan subtema “Merdeka Jiwa Raga, Berkarya Untuk Indonesia,” tutur Pelaksan Tugas Kepala Rutan Bantul, Sumaryo, saat membacakan sambutan Menkumham.

 

Ia melanjutkan bahwa tema ini adalah ekspresi rasa syukur kita karena tinggal dan hidup di negara merdeka. “Sebagai Aparatur Sipil Negara, kita juga harus mampu menjadi pemersatu dan perekat bangsa karena eksistensi kita sangat dibutuhkan ditengah kondisi bangsa Indonesia yang saat ini rawan akan integrasi yang mampu mempecah belah persatuan bangsa dan kesatuan bangsa,” tambah Sumaryo.

 

Dalam menyemarakan kegiatan tersebut, Rutan Balikpapan akan melaksanakan kegiatan perlombaan seni dan olah raga untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

pencanangan Bulan Semarak Kemerdekaan di LPKA Blitar

Di Blitar, jajaran Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Blitar menggelar pencanangan yang sama dengan sedikir berbeda. PAda kesempatan itu, seluruh petugas LPKA Kelas I Blitar berpakaian adat Nusantara.

“Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 di Kemenkumham akan kita semarakkan dengan kegiatan yang mempunyai makna, mampu mengangkat nama bangsa Indonesia, dilaksanakan secara gotng royong, dan mampu menggembirakan bagi semua petugas dan masyarakat,” ujar pembina apel, Nohan selaku Kepala Seksi Perawatan LPKA Blitar saat membacakan sambutan Menkumham.

Puncak acara pencanangan tersebut ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh pembina apel disaksikan seluruh petugas LPKA Blitar.

pencanangan Bulan Semarak Kemerdekaan di Rupbasan Ambon

Pada hari yang sama, tepatnya di Kanwil Kemenkumham Maluku, Priyadi selaku Kakanwil memimpin Apel Pencanangan Bulan Semarak Kemeredekaan Republik Indonesia di halaman kantor Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara Ambon. Apel tersebut dihadiri seluruh Kepala Divisi, Kepala Unit Pelaksan Teknis se-Maluku, dan seluruh petugas jajaran Kemenkumham Maluku di Kota Ambon.

Dalam apel bersama ini disampaikan pula kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan seperti lomba cipta lagu nasional untuk seluruh petugas Kemenkumham Maluku, lomba melukis massal serentak anak Indonesia, lomba kebersihan gedung kantor, lomba desain batik dengan tema merdeka jiwa raga berkarya untuk Indonesia, lomba gerak jalan, lomba menyanyikan lagu daerah antar WBP, dan olah raga.

pencanangan Bulan Semarak Kemerdekaan di Bapas Pati

Balai Pemasyarakatan (Bapas) Pati tak mau ketinggalan. Acara serupa juga dicanangkan yang ditandai dengan pembukana tirai 72 tahun Indonesia Kerja Bersama oleh Kepala Bapas Pati, Bagus Sumartono. Digelar di halaman Bapas Pati, kegiatan ini dihadiri pejabat struktural daa petugas Bapas Pati.

“Kesempatan ini merupakan momentum awal dari rangkaian Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 tahun 2017. Tema Nasional kegiatan ini adalah “Kerja Bersama Merdeka Jiwa Raga, Berkarya untuk Indonesia” sebagai perwujudan semangat budaya bangsa Indonesia, yakni gotong royong yang wajib kita lestarikan dan teruskan sampai kapanpun juga,” tutur Bagus.

Kegiatan tersebut diikuti dengan semangat oleh seluruh peserta mulai dari awal sampai akhir yang diakhiri dengan ucapan selamat dari Kepala Bapas Pati kepada komandan upacara dan seluruh petugas.

 

 

Kontributor: Kanwil Riau, Rutan Balikpapan, LPKA Blitar, Rupbasan Ambon, Bapas Pati

Kanwil dan UPT Pemasyarakatan Canangkan Bulan Semarak Kemerdekaan RI ke-72 | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya