Kedatangan Anggota DPR, Kakanwil Kalsel Bahas Overkapasitas Lapas

Share:

Banjarmasin, INFO_PAS – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum danHAM (Kemenkumham) Kalimantan Selatan, Ferdinand Siagian, menerima kedatangan Anggota DPR RI Komisi III dari Fraksi Golkar, H. Bambang Heru Purnama, dan tim, Rabu (8/8) dalam rangka kunjungan kerja masa reses. Salah satu agenda anggota dewan tersebut adalah mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Karang Intan.

“Tujuan kami ke sini untuk menyerap aspirasi mitra kerja DPR karena kami mau mengetahui kondisi yang dirasa tidak pantas untuk bisa kami pantaskan” kata Bambang.

Kedua belah pihak juga membahas upaya yang dilakukan Kanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan dalam mengatasi overkapasitas dan memenuhi hak-hak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) serta pencegahan penyelundupan narkoba di lapas/rutan. Kesejahteraan petugas juga menjadi sorotan.

“Kami berupaya mengatasi overkapasitas dan peningkatan kualitas pelayanan publik melalui redistribusi narapidana, pemberian remisi, optimalisasi PB, CMB, dan CB, penaganan kasus Anak Berhadapan dengan Hukum melalui diversi, serta pembangunan Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan baru,” ungkap Ferdinand.

kunjungan anggota DPR ke Kanwil Kalsel

Masalah imigrasi menjadi pembahasan lainnya, khususnya adaptasi sistem teknologi informasi di bidang pelayanan masyarakat berupa pelayanan paspor, izin tinggal, serta pengawasan orang asing di Kalimantan Selatan.

“Terkait dengan keimigrasian, kami telah menggunakan aplikasi paspor, E-Office, APOA, QR Qode, dan telah dilakukan pengawasan orang asing dengan rutin dan melibatkan Tim Pengawasan Orang Asing atau Timpora yang terdiri dari instansi terkait,” tambah Kakanwil.

Selanjutnya, rombongan DPR bersama jajaran Kanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan menuju Lapas Narkotika Karang Intan dan Lapas Banjarmasin untuk memantau kondisi blok dan dapur serta Kantor Imigrasi Banjarmasin untuk memantau langsung proses pelayanan paspor dan berdialog langsung dengan para pemohon.

Turut serta dalam rombongan antara lain Para Pimpinan Tinggi Pratama, yaitu Kepala Divisi (Kadiv) Administrasi Edy MS Hidayat, Kadiv Keimigrasian Dodi KH Atmaja, dan Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM Subianta Mandala, serta para Pejabat Administrator dan Pengawas di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan.

 

 

 

 

 

 

Kontributor: Humas Kanwil

Kedatangan Anggota DPR, Kakanwil Kalsel Bahas Overkapasitas Lapas | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya