Kegiatan Bengkel Kerja Ciptakan WBP yang Mandiri

Share:

Barabai, INFO PAS – Kegiatan kerja merupakan salah satu program pembinaan untuk narapidana di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Barabai untuk menambah ilmu dan keterampilan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) serta membina WBP agar memiliki keahlian khusus dan mandiri. Diharapkan ilmu atau keahlian yang diperoleh dapat diterapkan atau dimanfaatkan untuk membantu mata pencaharian WBP selepas masa tahanannya di Rutan Barabai.

 

Kepala Rutan Barabai, Heri Aris Susila, menjelaskan jenis kegiatan kerja di Rutan Barabai sangat beragam, diantaranya kegiatan membuat pot tanaman, kegiatan perbengkelan, serta kegiatan pembuatan kerajinan tangan.

 

“Kegiatan kerja memiliki peran penting dalam program pembinaan WBP sebagai bekal yang dapat mereka terapkan setelah selesai menjalani masa tahanan,” tuturnya, Kamis (9/8).

hasil karya WBP Rutan Barabai

 

Kegiatan pembuatan pot tanaman dilakukan langsung oleh WBP seperti mengaduk pasir dan semen, membentuk menggunakan cetakan dan melakukan pengecatan. Untuk kegiatan perbengkelan meliputi perbaikan body mobil atau motor yang rusak, pengecatan (deco), dan pencucian.

 

Adapun pembuatan kerajinan tangan terdiri dari pembuatan kerajinan yang berasal dari limbah plastik kemasan, botol minum, dan tali yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan berbagai bentuk olahan yang dapat dimanfaatkan kembali sebagai produk daur ulang.

 

“Semoga kegiatan kerja di Rutan Barabai terus meningkat karena kegiatan ini merupakan kegiatan positif yang harus terus dijalankan,” harap Heri.

 

 

Kontributor: Rutan Barabai 

Kegiatan Bengkel Kerja Ciptakan WBP yang Mandiri | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya