Kepada CPNS, Menkumham: Jadilah Mata & Telinga Saya

Share:

Banjarmasin, INFO_PASStay free and the winner. Kehadiran kalian dengan proses yang bersih, sudah sepantasnya saya menuntut kalian untuk kerja bersih, bersih pungutan liar (pungli), dan bersih narkoba.

Demikian pesan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna H. Laoly, kepada 910 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Selatan, Senin (12/3) di Gedung Sultan Suriansyah,

Selain Menkumham, pembekalan juga diberikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham, Bambang Rantam Sariwanto, Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenkumham, Aidir Amin Daud, serta dihadiri oleh Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Selatan, Rudy Resnawan, dan Kepala Kanwil (Kakanwil) Kemenkumham Kalimantan Selatan, Imam Suyudi.

Menkumham meminta para CPNS menjadi mata dan telinganya untuk melaporkan siapa saja pimpinan, senior, dan kolega yang bertindak melanggar peraturan. Ia juga meminta mereka bekerja dengan cinta. “Jangan hanya bekerja untuk hidup, tapi hidup untuk bekerja. Teruslah belajar, jangan cepat puas karena ilmu merupakan pintu kesuksesan dan tinggalkan kebaikan untuk dikenang. To love, to learn, to legalcy,” tegas Yasonna.

Menurutnya, orang yang tidak gagal adalah orang yang tidak pernah mencoba dan orang tidak pernah mencoba adalah orang yang tidak akan pernah maju. “Teruslah menjadi pemenang karena kalian adalah pemenang diantara yang terbaik. Untuk itu, saya ingin kalian berjanji di depan saya,” pinta Menkumham.

Sementara itu, Sekjen Kemekumham, Bambang Rantam Sariwanto, berpesan bahwa kehadiran CPNS bukan hanya mencukupi kebutuhan jumlah SDM, namun dituntut untuk meringankan beban kerja sekaligus menjaga kinerja Kemenkumham. “Jagalah loyalitas dalam profesionalitas sebagai peningkatan pelayanan publik,” pesannya.

pesan Menkumham untuk CPNS Kalsel

Hal senada diuraikan Irjen Kemenkumham, Aidir Amin Daud. “Stop pungli. Saudara diterima dengan cara yang baik. Untuk itu, Saudara harus bekerja dengan baik. Jangan mencontoh kelakuan senior atau oknum yang tidak baik, tapi harus menjadi agen perubahan. Jauhi narkoba, jangan sampai tergoda bujuk rayu para bandar karena Kemenkumham tegas bila ada oknum yang terlibat maupun menjadi pengguna pasti dipecat,” tegas Aidir.

Pada kesempatan yang sama, Wagub Kalimantan Selatan, Rudy Resnawan, menyambut kedatangan Menkumham di Bumi Lambung Mangkurat. “Luar biasa, langsung menterinya yang memberikan pembekalan. Ini merupakan kehormatan dan kebanggaan bagi para CPNS agar disimak baik-baik dan diterapakan dalam bertugas nantinya,” tutur Rudy.

Kakanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan, Imam Suyudi, berjanji akan berusaha semaksimal dan sekeras mungkin menjalankan tugas dengan jumlah SDM yang ada mengingat sektor pelayanan publik merupakan isu paling vital dalam beberapa waktu terakhir. “Kami tetap mengharapkan dukungan para pihak dalam pelaksanaan tugas di masa akan datang,” harap Imam.

Terkait seleksi CPNS Tahun 2017, Kanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan menerima 519 formasi penjaga tahanan serta 35 formasi S1. Mereka diterima melalui proses yang sangat kompetetif, transparan, dan akuntabel dengan dukungan sistem teknologi informasi.

Para CPNS juga telah menjalani orientasi oleh para trainer dalam dua tahap. Tahap I telah diberikan pembekalan pengenalan unit organisasi, tugas dan fungsi Kemenkumham dan Kanwil, serta materi pembentukan karakter, disiplin, integritas, profesional, dan bermoral dalam rangka implementasi tata nilai “Kami PASTI.”

Pada tahap II telah diberikan materi kompetensi teknis bidang tugas sesuai dengan jabatan masing-masing CPNS yang merupakan rangkaian pemenuhan kompetensi pelatihan dasar CPNS sesuai dengan Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 21 dan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS Golongan I, II, dan III. Pada orientasi tersebut juga dilaksanakan tes urin bagi seluruh CPNS dan hasilnya seluruh CPNS dinyatakan bersih dari narkoba.

 

 

Kontributor: Humas Kanwil

 

Kepada CPNS, Menkumham: Jadilah Mata & Telinga Saya | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya