Kesadaran Bela Negara Tingkatkan Semangat & Wawasan Kebangsaan WBP

Share:

Banjarmasin, INFO_PAS – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Selatan terus berkomitmen melakukan pembinaan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang ada di lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan negara (rutan). Salah satunya melalui kegiatan kesadaran bela negara untuk meningkatan pembinaan ketahanan mental narapidana.

Dikatakan Kepala Kanwil (Kakanwil) Kemenkumham Kalimantan Selatan, Imam Suyudi, kegiatan bela negara untuk membangun dan meningkatkan rasa kebersamaan, semangat dan wawasan kebangsaan, membangun disiplin, tanggung jawab dan kesadaran berinteraksi sosial, kelompok dan bernegara, serta mengimplementasikan nilai bela negara kepada WBP.

“Selama WBP berada di dalam lapas atau rutan agar senantiasa berkelakuan baik dan setelah bebas nantinya dapat berinteraksi secara sehat dengan lingkungan masyarakat,” pesan Imam, Kamis (31/8).

Pembinaan kesadaran bela negara terhadap WBP meliputi apel bela negara, upacara kesadaran nasional setiap tanggal 17, latihan baris-berbaris, menyanyikan lagu daerah dan nasional, serta permainan olah raga tradisional, seperti yang sudah dilaksanakan di Lapas Banjarmasin sebagai pilot project.

Sebelumnya Kakanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan, Imam Suyudi, bersama Kepala Divisi Pemasyarakatan, Anas Saeful Anwar, telah melakukan sinergi dengan Komandan Komando Resor Militer,101/Antasari, Kol. Arm.M. Syafei Kasno, Selasa (29/8) lalu.

(baca: Kanwil Kalsel & Korem 101/Antasari Jajaki MoU Pembinaan WBP).

Kegiatan bela negara di lapas juga dilaksanakan berdasarkan MoU Menteri Hukum dan HAM dengan Menteri Pertahanan tanggal 21 Juni 2017 tentang pembinaan kesadaran bela negara.

Hasil MoU tersebut akan disosialisasikan sebagai upaya pelaksanaan bagi jajaran petugas dan narapidana sehinga meningkatnya kesadaran nasional serta disiplin, baik terhadap dirinya, keluarga, dan lingkungan sekitar. Rencananya kegiatan ini juga akan menjadi program pembinaan mental yang diterapkan di seluruh lapas di Indonesia.

 

 

Kontributor: Humas Kanwil

Kesadaran Bela Negara Tingkatkan Semangat & Wawasan Kebangsaan WBP | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya