Terima kasih tidak mengambil konten tanpa izin

Kuliah Ala WBP Rutan Purworejo

Share:

Purworejo, INFO_PAS – Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Purworejo kini bisa merasakan bangku kuliah. Kuliah ala WBP ini dilakukan untuk mengedukasi mereka mengenai psikoterpi profetik.

Dosen Psikologi Universitas Muhammadiyah Purworejo, Diyah Wanodya, beserta tim memberikan edukasi mengenai psikoterapi profetik ini. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Baharuddin Loppa Rutan Purworejo ini diikuti oleh 13 WBP Rutan Purworejo, Jum’at (19/7) lalu.

WBP diberikan pembelajaran mengenai cara pengendalian diri yang positif. Salah satu metodenya adalah WBP diberikan permasalahan dalam bentuk soal untuk dijawab. Jawaban ini kemudian dikoreksi oleh Diyah beserta tim, kemudian ia menjabarkan cara penyelesaiannya. Selain itu, ia juga menuntun WBP agar lebih terbuka kepada orang lain terhadap suatu permasalahan yang dihadapi.

“Setiap orang pasti akan menghadapi masalah. Di sini kami melatih WBP agar dapat menyelesaikan masalah dengan cara yang positif agar tidak terjadi tindak pelanggaran yang dapat menyebabkan dihukumnya seseorang,” tutur Diyah.

Psikoterapi profetik sendiri didefinisikan sebagai pengobatan alam pikiran atau pengobatan dan perawatan gangguan psikis melalui metode psikologis untuk mengatasi gangguan kejiwaanya dengan teknik atau prosedur psikoterapi yang bersifat kenabian (Tri Rahayu, 2009). Selain memberikan kuliah, Diyah beserta tim juga melakukan penelitian terhadap pola tingkah laku WBP dalam mengatasi permasalahannya.

Kuliah Ala Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Purworejo

Nantinya, pendekatan dengan metode psikologi profetik ini yang akan digunakan Diyah dalam meneliti pola tingkah laku WBP dalam mengatasi permasalahannya. “WBP juga harus tau mengenai psikoterapi profetik agar mereka dapat terbuka dan tidak menolak sugesti yang kami berikan sehingga penelitian akan dapat dilaksanakan dengan maksimal,” tambah Diyah.

Kegiatan ini dilaksanakan berkat kerja sama yang baik antara Rutan Purworejo dengan Universitas Muhammadiyah Purworejo. Rutan Purworejo juga terbuka dan mendukung bilamana ada kegiatan yang positif menyangkut WBP yang akan dilaksanakan di Rutan Purworejo oleh pihak universitas.

“Kami berharap nantinya kegiatan ini dapat diterapkan kepada seluru warga binaan Rutan Purworejo. Sementera ini masih kita terapkan pada 13 WBP. Apabila penelitian ini berhasil, saya juga berharap dapat diterapkan di rutan dan lapas lainnya,” terang Wisnu, salah satu humas Rutan Purworejo.

Rencananya, penelitian ini akan dilaksanakan tiga hari agar WBP mampu mengenali masalah diri sehingga dapat mengendalikan diri dan menyelesaikan masalah dengan cara yang positif. Hasil dari penelitian ini akan digunakan Rutan Purworejo dalam memperbaiki pola pembinaan terhadap WBP sehingga dapat menurunkan angka residivis di Purworejo.

Ini bukan kali pertama Rutan Purworejo bekerja sama dengan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Purworejo. Sebelumya juga dilaksanakan kegiatan asesmen terhadap seluruh WBP oleh Universitas Muhammadiyah Purworejo.

 

 

Kontributor: Rutan Purworejo

Kuliah Ala WBP Rutan Purworejo | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya