Kunjungan Lebaran di Lapas Narkotika Jakarta Tak Dibatasi Sekat

Share:

Jakarta, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Jakarta membuka kunjungan Hari Raya Idul Fitri 1439 H selama dua hari mulai tanggal 15-16 Juni 2018. Tak seperti kunjungan hari biasa, masyarakat yang ingin mengunjungi kerabatnya pada hari spesial ini diberi kebebasan untuk dapat bertatap muka secara langsung tanpa sekat pembatas. Di hari biasa, pengunjung hanya bisa melepas kerinduan melalui bilik dibatasi kaca dan berbicara melalui telepon.

Kepadatan lapas sudah terlihat sejak pukul 07.00 WIB. Tak hanya orang dewasa, namun juga anak-anak. “Pada hari pertama tercatat ada sekitar 2.680 pengunjung,” tutur Kepala Seksi Administrasi Keamanan Lapas Narkotika Jakarta selaku penanggungjawab layanan kunjungan, Heri Purnomo.

Untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban, pihak lapas bekerja sama dengan pihak TNI dan polisi sebagai bagian dari Bantuan Keamanan Operasional. Selain itu, untuk meningkatkan fasilitas pelayanan kunjungan di tahun ini, Lapas Narkotika Jakarta bekerja sama dengan Dinas Kebersihan DKI Jakarta menyediakan dua bus toilet.

Lapas Narkotika Jakarta juga menerapakan Standard Operating Procedures yang telah ditetapkan, yaitu salah satunya memberi tanda gelang, khususnya bagi pengunjung laki-laki, untuk mengantisipasi kaburnya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang memanfaatkan momen kunjungan Hari Raya Idulfitri ini.

suasana kunjungan Lebaran di LPN Jakarta

Karena membludaknya jumlah pengunjung, lokasi kunjungan di gelar di lapangan hijau Lapas Narkotika Jakarta dimana pihak lapas menyediakan tenda dan karpet sebagai alas untuk duduk para pengunjung. Agar merasa nyaman disediakan pula water cooler untuk kenyamanan para pengunjung serta hiburan band WBP.

Suasana kunjungan silaturahmi pada hari kedua, Sabtu (16/6) terlihat lebih padat dari hari sebelumnya. “Petugas terus melayani pengunjung tanpa istirahat agar seluruh pengunjung dapat terlayani dengan baik, namun mereka harus memanfaatkan waktu bertugas agar tetap bisa makan dan minum secara bergantian,” ujar Kepala Lapas Narkotika Jakarta, Asep Sutandar.

Pengunjung yang datang ke Lapas Narkotika Jakarta pada hari ke-2 Lebaran mencapai 5.050 orang sehingga membuat beberapa pengunjung jatuh pingsan. Namun, dengan sigap tim medis lapas segera memberikan pertolongan pertama dan melakukan pengobatan.

“Walaupun padat dan antre, saya sangat bersyukur dapat berkunjung hari ini sehingga keluarga kami dapat berkumpul dalam suasana Lebaran. Terima kasih atas pelayanan dari Bapak dan Ibu petugas lapas,” ujar Agus salah satu pengunjung lapas.

Kunjungan pun berakhir tepat pukul 16.00 WIB. Pada kesempatan itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Arpan, turut memantau kondisi kunjungan Idulfitri di Lapas Narkotika Jakarta.

 

 

Kontributor: Charis Hidayat

Kunjungan Lebaran di Lapas Narkotika Jakarta Tak Dibatasi Sekat | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya