Terima kasih tidak mengambil konten tanpa izin

Kunjungi Kejari & PN Pinrang, Rutan Pinrang Tuai Pujian

Share:

Pinrang, INFO_PAS – Jajaran Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Pinrang melakukan kunjungan kerja ke Pengadilan Negeri (PN) Pinrang dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pinrang, Rabu (13/02). Pada kesempatan ini, Rutan Pinrang diwakili oleh Kepala Rutan (Karutan) Pinrang, Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan, serta tim operator Sistem Database Pemasyarakatan.

Kunjungan tersebut menindaklanjuti Surat Edaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Nomor: PAS-TI.05.04.-13 tanggal 28 Januari 2019 perihal Penunjukan Unit Pelayanan Teknis (UPT) sebagai wilayah Implementasi Sistem Database Penanganan Perkara Tindak Pidana secara Terpadu Berbasis Teknologi Informasi (SPPT-IT).

Di Kejari Pinrang, Kepala Seksi Pidana Khusus, Anton Sulaiman, memuji Rutan Pinrang yang terpilih menjadi satu-satunya rutan di Indonesia yang tunjuk oleh Ditjen PAS sebagai percontohan wilayah implementasi SPPT-IT.

“Ini suatu prestasi yang membanggakan. Walau masih rutan, tap sudah dilibatkan dalam percontohan ini,” puji Anton.

kunjungan kerja Rutan Pinrang

Pada kesempatan itu, rombongan Rutan Pinrang menyempatkan diri melihat aplikasi database yang dimiliki oleh Kejari Pinrang, yakni Sistem Informasi Manajamen Kejaksaan Republik Indonesia atau SIMKARI. Di aplikasi inilah segala macam perkara diinput dan terkoneksi langsung dengan Kejaksaan RI.

Saat menyambangi PN Pinrang, rombongan Rutan Pinrang disambut Kepala PN Pinrang, Adil Kasim. Ia juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya terkait rencana sinkronisasi database ketiga institusi tersebut dalam wilayah impelemntasi SPPT-TI.

“Kami selalu siap. Data di aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara juga sudah lengkap. Tinggal dielaborasi dengan database institusi lain,” tuturnya saat memaparkan fitur-fitur database yang dimiliki PN Pinrang.

Karutan Pinrang, Ali Imran, menuturkan harapannya agar ketiga institusi dapat bersinergi dengan baik dalam mewujudkan Kabupaten Pinrang sebagai wilayah impelementasi SPPT-IT di tahun 2019.

“Jika ini sudah berjalan, pekerjaan bisa lebih efektif dan transaparan sehingga tak ada lagi ego sektoral,” harapnya.

 

 

Kontributor: Mirdedes

Kunjungi Kejari & PN Pinrang, Rutan Pinrang Tuai Pujian | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya