Kurangi Over Kapasitas, 26 Narapidana Lapas Sampit Dipindahkan

Kurangi Over Kapasitas, 26 Narapidana Lapas Sampit Dipindahkan

Sampit, INFO_PAS - Sebanyak 26 narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sampit dipindahkan ke sejumlah lapas di Kalimantan Tengah, Sabtu (21/11). Pemindahan kali ini terdiri dari 20 narapidana pria dewasa ke Lapas Narkotika Kasongan, empat narapidana perempuan dewasa ke Lapas Perempuan Palangka Raya, dan dua narapidana Anak pria ke Lembaga Pembinaan Khusus Anak Palangka Raya.

“Pemindahan tersebut dilakukan pagi hari sekitar jam 05.00 WIB berdasarkan surat persetujuan pemindahan narapidana dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah Nomor: W17-PK.01.01.02-4787 tanggal 16 November 2020 perihal persetujuan pemindahan narapidana an. Akh. Kusari bin H. Sakran, dkk,” terang Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Ketertiban Lapas Sampit, Mohammad Lirpan.

Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Sampit, Purwantoko, mengatakan pemindahan ini melibatkan 10 petugas pengawal dan bantuan pengawalan dari anggota Kepolisian Resor Kotawaringin Timur. “Proses pemberangkatan narapidana tersebut disaksikan langsung Kepala Lapas (Kalapas) Sampit," ungkapnya

Sementara itu, Kalapas Sampit, Agung Supriyanto menjelaskan tujuan dari pemindahan ini adalah mengurangi kepadatan penghuni di Lapas Sampit yang saat ini telah mengalami over kapasitas sebesar 240 % dan masih harus bersiap menerima tahanan pengadilan yang saat ini masih dititipkan di Kepolisian Resor Kotawaringin Timur. “Terima kasih kepada semua petugas yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik serta memiliki dedikasi tinggi demi terlaksananya tugas,” pungkas Agung.

 

 

 

Kontributor: Lapas Sampit

What's Your Reaction?

like
1
dislike
0
love
1
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0