Lapas Ambon Fasilitasi Pemberkatan Pernikahan WBP

Share:

Ambon, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon memfasilitasi proses pemberkatan nikah terhadap dua Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), yakni Cristian Berhitu dan Soleman Kaneti, dengan pasangannya masing-masing, Rabu (20/9). Dipimpin oleh Pendeta Nersih Marakey dari Gereja Pante Kosta Ambon, pemberkatan tersebut berlangsung khidmat di Gereja Solagratia Lapas Ambon.

Pendeta Nersih menilai di balik tembok penjara sekalipun setiap orang berhak untuk diberkati dalam keinginan untuk membangun keluarga sebagai kebutuhan manusia. “Terima kasih kepada pihak lapas yang telah memberikan kesempatan, izin, dan semua partisipasinya. Kami harap ini bukan kegiatan yang terakhir. Bila kedepan ada juga keinginan WBP untuk melangsungkan pernikahan dan pemberkatan seperti ini, lapas dapat terus memberikan kesempatan yang sama,” harapnya.

Disisi lain, kedua pasangan tak dapat menyembunyikan rasa bahagia dan terharu usai pemberkatan. Apalagi mendapat mendapat dukungan dan doa restu dari rekan-rekan sesama WBP.

“Terima kasih kepada semua petugas yang telah memberikan kesempatan untuk kami hingga mendapatkan proses pemberkatan perkawinan di sini,” ungkap salah seorang mempelai.

Sementara itu, Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik, Ellen Risakotta, mewakili Kepala Lapas Ambon, La Samsudin, berharap pemberkatan ini membawa arti dan kesan yang mendalam terhadap WBP agar dapat membina rumah tangga yang langgeng untuk hidup bahagia.

“Kami berikan kesempatan pada mereka untuk menerima pemberkatan pernikahan sebagai wujud kepedulian dan pembinaan bahwa kami membuka keran pelayanan dengan tidak membeda-bedakan, baik WBP Muslim maupun Kristen. Kami berikan kesempatan yang sama jika memang mereka harus mendapati jodoh mereka dalam keadaan menjalani pembinaan di lapas sebagai bagian dari hak asasi manusia,” tegas Ellen.

 

 

 

 

Kontributor: Kardin Laucu  

 

Lapas Ambon Fasilitasi Pemberkatan Pernikahan WBP | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya