Lapas Amuntai Siapkan WBP Berkopetensi untuk Kembali Ke Masyarakat

Share:

Amuntai, INFO_PAS, –  Peningkatan kompetensi warga binaan pemasyarakatan (WBP) dan Petugas Pemasyarakatan Tahun 2019 Tahap III kerjasama antara Kementerian PUPR dan Kementerian Hukum dan HAM   Wilayah Kalimanta Selatan diselenggarakan di Lapas Kelas IIB Amuntai. Rabu(13/03).

Dalam kegiatan ini turut serta petugas pemasyarakatan sebagai pendamping  dan sebanyak 30 orang WBP yang dipilih dan ditunjuk sebagai peserta pelatihan. Ada 2 materi yang fokus disampaikan oleh Balai Jasa Kontruksi Wilayah Banjarmasin, yatu bidang kayu dan batu.

Kegiatan ini dilakukan selama 3 hari. Pada hari pertama penyampaian materi berupa teori dan pada hari selanjutnya praktek langsung di lapangan. Selain mendapatkan ilmu, warga binaan juga mendapatkan sertifikat sebagai tenaga terampil, berlaku selama 2 (dua) tahun dan bisa diperpanjang serta tercatat dalam sistem daya naker.

Salah seorang WBP mengaku sangat bersyukur bisa mengikuti kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi tersebut. “Ini kesempatan bagus, saya sangat senang dengan kegiatan ini, kalau perlu kegiatan seperti ini lebih sering diadakan” ujarnya.

Kepala Lapas Kelas IIB Amuntai, Mohamad Yahya menyampaikan akan terus memberikan pembinaan kepada warga binaan agar mempunyai keahlian. Dia menjelaskan ingin menghasilkan WBP yang siap dan mandiri secara mental, spiritual dan ekonomi untuk kembali hidup baik di tengah masyarakat.

“Saya berharap warga binaan yang mengikuti pelatihan dapat menggunakan skill dan kompetensinya selama di dalam Lapas dan pada saat bebas nantinya” kata Yahya.

Diharapkan dari kerjasama ini menciptakan WBP yang kompeten dan memiliki keahlian untuk dapat membantu pembangunan ataupun menghasilkan suatu karya di dalam Lapas yang berkelanjutan. ***

 

 

Kontributor: Lapas Amuntai

Lapas Amuntai Siapkan WBP Berkopetensi untuk Kembali Ke Masyarakat | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya