Lapas Cibinong Contoh Baik Pemanfaatan Teknologi dalam Lapas

Share:

Cibinong, INFO_PAS,- Layanan Pemasyarakatan berbasis Teknologi dan Informasi (TI) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Cibinong tuai pujian dari Plt. Direktur Jenderal Pemasyarakatan (DirjenPAS), Marjoeki saat menghadiri kegiatan Natal Bersama di lapas berpenghuni 1485 orang warga binaan itu, Sabtu (20/1).

Marjoeki yang pada saat itu di daulat mewakili Menteri Hukum dan HAM, Yassona H Laoly mengatakan Lapas Cibinong adalah contoh baik Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan yang terus berinovasi meningkatkan layanan Pemasyarakatan. Tak hanya itu layanan yang serba IT, sistem keamanan Lapas juga dapat berjalan dengan mudah dengan pemanfaatan teknologi.

“Lapas Cibinong bisa jadi contoh bagi UPT Pemasyarakatan dalam hal peningkatan layanan pemasyarakatan berbasis IT, ini semangat perubahan menuju Pemasyarakatan menjadi lebih baik,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Plt. DirjenPAS yang juga menjabat Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Hukum dan HAM itu meninjau beberapa fasilitas keamanan dan layanan Pemasyarakatan serba IT di Lapas Cibinong diantaranya, kantin jempol, Layanan kunjungan, saung kahaji, halte pembinaan Lapas yakni sebuah aplikasi perekam pelaksaan pembinaan untuk warga binaan pemasyarakatan (WBP) sebagai pertimbangan pemberian remisi dan pembebasan bersyarat, radio Lapas Cibinong, telpon gratis serta Sistem keamanan elektronik.

Halte Pembinaan Lapas Cibinong

Marjoeki juga mengapresiasi pembinaan kedisiplinan, keterampilan dan kerohanian di dalam lapas. Ia menyebutkan pembinaan yang berjalan dengan baik dapat membentuk pribadi WBP siap terjun kembali ke masyarakat menjadi individu yang lebih baik.

“Di sini kita melihat perbedaan dapat berdampingan. Bukan menjadi suatu masalah, namun menjadi kekuatan dan keindahan. Ini menunjukkan pembinaan kerohanian berjalan dengan sangat baik, keberagaman yang sangat rukun terjalin di disini,” tuturnya.

Melalui peringatan Natal ini mari kita tanamkan jiwa yang bersih, menauladani Yesus K. sebagai pedoman perilaku yang suci untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” harap Marjoeki.

Kemeriahan Perayaan Natal Kantor Wilayah KemenkumHAM Jawa Barat di Lapas Cibinong

Penandatanganan kerjasama pendidikan sekolah Teologia di dalam lapas antara lapas kelas IIA Cibinong dengan Yayasan Sekolah Tinggi Teologia Victoria

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Indro Purwoko menjelaskan kegiatan Natal Bersama di Lapas Cibinong merupakan bagian dari program pembinaan di dalam lapas untuk meningkatkan keimanan WBP Nasrani di lapas klas IIA Cibinong.

Dalam kesempatan itu, dilakukan juga kerjasama pendidikan sekolah Teologia  di dalam lapas antara lapas kelas IIA Cibinong dengan Yayasan Sekolah Tinggi Teologia Victoria. Serta peninjauan Open Camp Lapas meliputi Perternakan Sapi, Perkebunan sayuran dan tanaman Hidroponik. ***

 

 

 

Lapas Cibinong Contoh Baik Pemanfaatan Teknologi dalam Lapas | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya