Lapas Cipinang Lakukan Inventarisasi BMN

Lapas Cipinang Lakukan Inventarisasi BMN

Jakarta, INFO_PAS – Tim inventarisasi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang sebagai Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Barang (UAKPB) di bawah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta melaksanakan kegiatan inventarisasi Barang Milik Negara (BMN) di lingkungan Lapas Cipinang, Senin (25/1). Kegiatan ini sebagai kewajiban melaksanakan amanat inventarisasi BMN seperti yang diamanatkan dalam pasal 69 ayat (1) Peraturan Pemerintah RI Nomor 6 Tahun 2006 tentang Pengelolaan BMN / Daerah yang menyebutkan “pengguna barang melakukan inventarisasi BMN / daerah sekurang-kurangnya sekali dalam lima tahun.”

 

“Ketidakpatuhan terhadap ketentuan peraturan yang mengatur kewajiban inventarisasi BMN akan dapat mempengaruhi opini Badan Pemeriksa Keuangan dalam pemeriksaan pada laporan keuangan kementerian / lembaga,” tegas Kepala Bagian Tata Usaha Lapas Cipinang, Lis Susanti.

 

Sementara itu, Wesly Ignatius Silalahi selaku Kepala Subbagian Umum Lapas Cipinang mengatakan maksud dan tujuan pelaksanaan inventarisasi BMN adalah mengetahui jumlah dan nilai BMN pada kondisi dan waktu terkini. “Laporan hasil inventarisasi dan daftar barang hasil inventarisasi yang meliputi daftar barang baik dan rusak ringan, daftar barang rusak berat, daftar barang tidak diketemukan / hilang, serta daftar barang berlebih akan menjadi pondasi / dasar yang kokoh untuk tidak lanjut dalam pengelolaan BMN di Lapas Cipinang,” terangnya.

Kegiatan yang termasuk prioritas kerja bagian tata usaha triwulan pertama ini diawali dengan melakukan pengecekan daftar barang ruangan di Aula Gedung II yang merupakan tempat penyelenggaraan pelbagai kegiatan di Lapas Cipinang dimana ruangan tersebut memiliki risiko tinggi perpindahan barang inventaris ke ruangan lainya. Selanjutnya, inventarisasi BMN sebagai salah satu kegiatan tata cara pelaksanaan pengawasan dan pengendalian BMN akan dilaksanakan secara sistematis dan berkelanjutan.

 

Diharapkan pada akhir triwulan pertama tim inventarisasi Lapas Cipinang sudah mendapatkan data laporan inventarisasi untuk dilakukan tindak lanjut ke tingkat UAKPB wilayah, Unit Akuntansi Pengguna Barang di Sekretariat Jenderal, dan Unit Akuntansi Pengelola Barang di Kementerian Keuangan. (IR)

 

 

 

 

 

Kontributor: Lapas Cipinang

What's Your Reaction?

like
1
dislike
0
love
2
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0