Lapas Lengkapi Sarpras Kamtib & Tindaklanjuti Hasil Penggeledahan

Lapas Lengkapi Sarpras Kamtib & Tindaklanjuti Hasil Penggeledahan

Dobo, INFO_PAS – Keamanan dan ketertiban (kamtib) di lingkungan Pemasyarakatan merupakan hal penting dan selalu menjadi perhatian. Sarana prasarana penunjang dan upaya pencegahan kamtib terus ditingkatkan, termasuk menindaklanjuti penggeledahan petugas.

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Dobo misalnya, menerima empat lonceng dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas), Selasa (7/9). Setelah diterima, empat lonceng tersebut langsung dicatat sebagai barang inventaris Lapas Dobo.

“Seluruhnya dalam keadaan baik dan lengkap sesuai Berita Acara Penerimaan. Selanjutnya akan dimasukan ke dalam inventaris Barang Milik Negara oleh operator,” terang Kepala Urusan Tata Usaha, Yulian Tomasoa.

Lonceng di Lapas mempunyai peran yang cukup penting, seperti sebagai tanda siaga dan peringatan tanda bahaya sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor 33 Tahun 2015 tentang Pengamanan pada Lapas dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) serta Keputusan Direktur Jenderal Pemasyarakatan No: PAS-416.PK.01.04.01 Tahun 2015 tentang Standar Pencegahan Gangguan Keamanan dan Ketertiban di Lapas dan Rutan.

Pelaksana Tugas Kepala Lapas Dobo, Sony Tanikwele, mengucapkan terimaksih kepada Ditjenpas atas pengadaan empat lonceng tersebut. "Sampai saat ini Lapas Dobo tidak mememiliki lonceng sama sekali sehinggga pengadaan ini sangat diperlukan di Lapas Dobo. Kami akan gunakan dengan baik,” janjinya.

Di Lapas Kelas IIB Tual, dua ponsel diserahkan kepada Seksi Administrasi Kamtib sebagai hasil penggeledahan harian petugas pengamanan Lapas Tual pada setiap kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Senin (6/9). Muh. Alamsyah Rahman selaku Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas menjelaskan saat petugasnya menemukan ponsel tersebut, dua WBP yang merupakan pemilik ponsel langsung dimintai keterangan lebih lanjut.

“Dua WBP tersebut kami mintai keterangan, kemudian selanjutnya akan diserahkan kepada Seksi Administrasi Kamtib untuk dibuatkan Berita Acara Pemeriksaan,” tandasnya.

Alamsyah juga mengungkapkan rasa bangga kepada seluruh anggotanya yang selalu solid dan sigap dalam menjalankan tugas mereka pengamanan. “Semoga seluruh petugas tetap kompak dalam mendeteksi sedini mungkin ancaman dan hal-hal yang dapat mengakibatkan gangguan kamtib demi terciptanya keadaan Lapas Tual yang aman dan kondusif,” harapnya. (IR)

 

 

Kontributor: Lapas Dobo, Lapas Tual

 

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0