Lapas Namlea Kembali Fasilitasi Sidang Online 4 Tahanan

Lapas Namlea Kembali Fasilitasi Sidang Online 4 Tahanan

Namlea, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Namlea kembali memfasilitasi persidangan online bagi empat tahanan, Kamis (13/1). Sidang yang berlangsung kurang lebih empat jam di ruang Admisi dan Orientasi (AO) itu diawasi dan dikawal oleh Staf AO, La Rudi Herwanto dan Benjamin Lekatompessy.

“Selasa kemarin kami diberitahu Pengadilan Negeri (PN) Namlea melalui surat bahwa akan diadakan persidangan bagi empat tahanan dan kami bantu fasilitasi,” ujar Rudi saat dimintai keterangan.

Sementara itu, Valda R. Sopacua selaku Kepala Subseksi AO menjelaskan persidangan online masih dilakukan sampai saat ini mengingat pandemi COVID-19 belum ada tanda-tanda selesai dan belum menerima edaran yang memperbolehkan tahanan untuk mengikuti persidangan secara offline. “Sampai saat ini kami belum menerima edaran dari Kementerian terkait yang memperbolehkan tahanan mengikuti persidangan secara offline. Mengingat jarak yang cukup jauh antara Lapas dan PN Namlea, maka kami bantu untuk memfasilitasi persidangan secara online,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Kepala Lapas Namlea, Ilham. Ia mengimbau petugas pengawalan lebih peka melihat situasi dan kondisi dalam pelaksanaan sidang agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. “Kami selalu berupaya fasilitasi dengan baik setiap jalannya persidangan, baik sarana prasarana maupun keamanannya,” kata Ilham.

Terkait pengamanan, ia selalu ingatkan petugas pengawalan agar tetap waspada dan selalu peka di setiap situasi. “Mengingat lokasi persidangan yang disediakan terletak di gedung utama, jadi konsentrasi harus tetap dijaga. Jangan sampai terjadi pelarian maupun hal lain yang tidak diinginkan,” tutup Ilham. (IR)

 

Kontributor: Lapas Namlea

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0