Lapas Piru Pastikan Kebersihan & Kelayakan Air untuk WBP

Lapas Piru Pastikan Kebersihan & Kelayakan Air untuk WBP

Piru, INFO_PAS – Kualitas air bersih menjadi salah satu atensi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Piru. Hal ini merupakan implementasi pelayanan prima bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) demi menjamin pasokan air bersih bagi mereka.

 

“Air yang kami berikan kepada WBP harus dipastikan dalam keadaan bersih dan layak untuk digunakan karena akan berdampak bagi kesehatan mereka,” tegas Kepala Lapas (Kalapas) Piru, Taufik Rachman, kala memantau pengecekan dan perawatan tandon sebagai wadah penampung air WBP, Kamis (5/8).

 

Ia menjelaskan pembersihan dan pengurasan tandon penampung air dilakukan secara rutin untuk mencegah dan menghindari beberapa penyakit yang dapat timbul akibat penggunaan air yang tidak bersih. “Kebersihan tandon penampungan air harus diperhatikan agar air yang ditampung tidak kotor atau berlumut karena air bersih merupakan kebutuhan dasar, terkhusus untuk WBP mandi, bahkan menggosok gigi," ucap Taufik.

 

Lebih lanjut, Kalapas juga mengingatkan pentingnya keterlibatan semua pihak dalam menjaga kesehatan dan kebersihan. "WBP harus proaktif dalam memperhatikan lingkungan sekitar. Tidak hanya kebersihan air, tetapi juga kebersihan di dalam kamar hunian maupun di sekitar Lapas. Mengingat saat ini sedang pandemi COVID-19, kesehatan menjadi hal utama yang harus dijaga dengan langkah-langkah pencegahan dan pemeliharaan kebersihan lingkungan, khususnya bagi WBP Lapas Piru," sambungnya.

 

Dengan ketersediaan air yang bersih dan layak bagi WBP, secara tidak langsung memengaruhi keadaan dan situasi di Lapas. Pemberian air yang bersih dan layak bagi WBP merupakan salah satu hal yang dapat menjaga situasi tetap kondusif karena kebutuhan mereka terpenuhi. (IR)

 

 

Kontributor: Janniie

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0