Lapas & Rutan Pastikan Sarpras Keamanan Tetap Terawat & Terjaga

Lapas & Rutan Pastikan Sarpras Keamanan Tetap Terawat & Terjaga

Pamekasan,  INFO_PAS – Jajaran petugas dan pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Pamekasan melakukan perawatan dan pemeliharaan sarana keamanan meliputi gembok dan kunci di area Penjaga Pintu Utama hingga blok hunian, Senin (18/10).  Kegiatan itu dilaksanakan sesuai Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia No.33 Tahun 2015 yang dijelaskan secara merinci pada Pasal 16 tentang pencegahan gangguan kemanan dan ketertiban. 

Saat ditemui di sela-sela kegiatan, Kepala Subseksi Keamanan, Abdullah, mengungkapkan perawatan sarana keamanan di Lapas Narkotika Pamekasan dilakukan dengan cara membersihkan seluruh gembok dan kunci dengan menggunakan cairan anti karat yang disemprotkan ke permukaan dan lubang gembok. “Sesuai instruksi Kepala Lapas, dalam kegiatan ini kami juga melibatkan jajaran pengaman agar mereka yang bertugas di lapangan mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dan wajib dilakukan terkait perawatan sarana keamanan,” ungkapnya

Selanjutnya, untuk memastikan gembok dan kunci tidak ada yang macet, dilakukan uji coba satu per satu. Setelah itu, dilakukan pembersihan secara menyeluruh pada badan gembok dengan menggunakan cairan braso sehingga gembok terlihat jauh lebih bersih. 

“Perawatan gembok dan kunci adalah upaya untuk memastikan semua kunci dan gembok dapat berfungsi dengan baik. Dengan demikian, salah satu upaya preventif terhadap gangguan keamanan dan ketertiban dapat dilaksanakan,” lanjut Abdullah.

Ia menyebut kegiatan ini bertujuan agar kunci dan gembok yang digunakan tidak ada yang berkarat dan macet sehingga memudahkan dalam bertugas dan antisipasi terhadap kejadian yang tidak diinginkan. “Bayangkan saja kalau gemboknya macet, lalu ada kebakaran. Kan bisa berbahaya bagi keselamatan narapidana,” imbuh Abdullah. 

Pemeriksaan serupa dilaksanakan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon, Selasa (19/10). Dikatakan Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Jefry Persulessy, perlu adanya upaya deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban di Rutan sehingga pemeriksaan dan perawatan terhadap sarana dan prasarana berupa perlengkapan Pengendali Huru-Hara (PHH) harus rutin dilakukan guna memastikan kondisinya dalam keadaan baik dan layak pakai.

Menurutnya, PHH merupakan alat penunjang keamanan di  Rutan yang harus selalu dijaga dengan baik, selain alat lainnya berupa senjata api, metal detektor, dan lainnya. "Sudah menjadi tugas kami melakukan pemeriksaan dan perawatan demi mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi," ucap Jefry.

 

Sementara itu, Kepala Rutan Ambon, Jose Quelo, menjelaskan berdiri kokohnya Rutan berada pada tugas dan fungsi yang baik dari keamanan, selain tugas dan fungsi lainnya. Menurutnya, upaya jajaran pengamanan dalam melakukan perawatan dan pemeriksaan sarana prasarana merupakan langkah baik guna mencegah barang yang rusak atau tidak layak pakai serta bentuk kesiapan dalam menghadapi gangguan di Rutan.

 

"Selalu waspada jangan-jangan dalam bertugas, lakukan pendekatan dengan hati apabila menghadapi Warga Binaan Pemasyarakatan yang bermasalah, dan lakukan pembinaan sehingga gangguan keamanan dapat diminimalisir dengan baik," pesan Jose. (IR)



Kontributor: Lapas Narkotika Pamekasan, Rutan Ambon

 

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0