Lapas Sampit Pastikan Sarpras Keamanan Layak & Siap Pakai

Lapas Sampit Pastikan Sarpras Keamanan Layak & Siap Pakai

Sampit INFO_PAS - Jajaran keamanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sampit yang dipimpin langsung M. Lirpan selaku Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) melakukan pengecekan dan perawatan semua gembok yang dipergunakan maupun gembok cadangan yang menjadi inventaris keamanan Lapas Sampit, Kamis (7/10). Kegiatan rutin ini dilakukan minimal satu kali dalam satu bulan dengan melibatkan unsur kamtib dan satuan pengamanan untuk menjaga kondisi layak pakai atas sarana gembok dan kunci ini serta segera melakukan perbaikan, bahkan penggatian, apabila terdapat gembok/kunci yang sudah dalam kondisi tidak layak pakai

"Kegiatan ini juga kami jadikan bahan monitoring dan evaluasi akan kondisi sarana prasarana  (sarpras) keamanan sekaligus bahan pengajuan kebutuhan akan segala sarpras kamtib," terang Lirpan.

Sementara itu, Agung Supriyanto selaku Kepala Lapas Sampit menyampaikan dukungan sarpras merupakan hal yang sangat penting demi menjamin keamanan. Sarpas ini harus mendapatkan perawatan agar selalu dalam kondisi baik, siap pakai, jelas posisinya, dan para petugas mampu menggunakannya dengan baik pula.

"Sebanyak dan sebagus apapun sarpras, andaikata tidak dilakukan perawatan, maka akan berakibat cepat rusaknya sarpras tersebut. Namun, apabila sering dilakukan pengecekan dan perawatan, maka kondisi sarpras akan terjaga dengan baik. Apabila mengalami kerusakan, segeralah lakukan pergantian agar saat diperlukan dalam kondisi baik sesuai ketentuan yang berlaku," tuturnya.

Agung menambahkan pengecekan dan perawatan ini merupakan salah satu upaya deteksi dini akan potensi gangguan kamtib di Lapas Sampit. “Hal ini harus dilakukan secara rutin demi menjaga dan mendukung keamanan serta mengetahui ada/tidaknya sarpras yang salah dalam penempatannya,” pungkasnya. (IR)

 

Kontributor: Lapas Sampit

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
1
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0