Lapas Sampit Rutinkan Pemeriksaan Senpi & APAR

Lapas Sampit Rutinkan Pemeriksaan Senpi & APAR

Sampit, INFO_PASLembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sampit bersinergi dengan jajaran Kepolisian RI, khususnya Batalyon B Pelopor Satuan Brigade Mobil (Brimob) Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah di Sampit, dalam hal perawatan senjata api (senpi) milik Lapas, Kamis (20/5). M. Lirpan selaku Kepala Seksi Keamanan dan Ketertiban mengatakan pihaknya rutin melakukan perawatan senpi inventaris Lapas Sampit, baik secara mandiri maupun bekerja sama dengan Satuan Brimob di Sampit.

"Saat ini kami melakukan pengecekan terhadap beberapa senpi inventaris Lapas Sampit sebagai upaya perawatan rutin dalam menjaga kondisi senpi agar selalu siap dipakai dan tidak terjadi kerusakan akibat kurangnya perawatan,” terangnya.

Hal senada disampaikan Kepala Lapas Sampit, Agung Supriyanto. "Perawatan sarana prasarana keamanan merupakan hal vital yang harus dilakukan sebagai bentuk kesiapan keamanan dalam mendukung berbagai program pembinaan di Lapas,” tegasnya.

Dukungan pun disampaikan Komandan Batalyon B Pelopor Satuan Brimob melalui Aiptu Ketut A.T. selaku Perwira Seksi Logistik Batalyon B Pelopor. “Kami akan terus mendukung keamanan di Lapas Sampit, termasuk dalam perawatan sarana prasarana keamanannya,” janjinya.

Selain pemeriksaan senpi, Lapas Sampit juga rutin melakukan pengecekan Alat Pemadam Kebakaran Ringan (APAR) yang dimiliki Lapas. Mathali selaku Kepala Urusan Umum Lapas Sampit menyampaikan APAR yang dimiliki Lapas Sampit saat ini sebanyak empat tabung yang diposisikan di beberapa titik terpisah yang strategis untuk memudahkan pengambilannya apabila dibutuhkan saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kami setiap enam bulan sekali melakukan pengecekan rutin. Setelah kami cek langsung, ternyata empat APAR telah memasuki masa kadaluarsa sehingga kami segera lakukan isi ulang media APAR tersebut serta memperbarui kartu informasinya agar saat dibutuhkan nanti APAR dalam kondisi siap dan layak pakai," terangnya.

Mathali menambahkan APAR merupakan sarana prasarana penting dalam mendukung keamanan. Untuk itu harus terus dilakukan pengecekan secara berkala dan perawatan serta isi ulang bila telah memasuki masa kadaluarsa agar tidak terjadi malfungsi yang berakibat tidak baik bila dibutuhkan nantinya. “Segala hal harus selalu kami antisipasi sebagai upaya deteksi dini terhadap sarana prasarana pendukung keamanan di Lapas Sampit," pungkasnya. (IR)

 

 

 

Kontributor: Lapas Sampit

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0