Lapas Saumlaki Terima Tahanan Perempuan dari Kejari MTB

Lapas Saumlaki Terima Tahanan Perempuan dari Kejari MTB

Saumlaki, INFO PAS - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Saumlaki menerima seorang tahanan perempuan berinisial CL dengan status A.III dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tenggara Barat, Rabu (8/9). Penerimaan tahanan yang dilakukan mengacu pada Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor: PAS-PK.01.01.01-750 Tahun 2020 di mana tahanan yang dikirim adalah tahanan berstatus A.III dan disertakan hasil rapid test nonreaktif dari Gugus Tugas Coronavirus disease (COVID-19).

"Di masa pandemi COVID-19 ini, penerimaan tahanan agak sedikit berbeda dari biasanya. Ada beberapa persyaratan tambahan yang harus dipenuhi demi pencegahan penyebaran COVID-19,” terang Kepala Lapas (Kalapas) Saumlaki, David Lekatompessy.

Ia menambahkan pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Aparat Penegak Hukum (APH) di wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar guna menghindari kesalahpahaman dalam pelaksanaan penggiriman ataupun penerimaan tahanan. "Sebelumnya sudah kami koordinasikan dengan semua APH di wilayah kerja Lapas Saumlaki sehingga sejauh ini semuanya berjalan dengan baik,” tambah David.

Lebih lanjut, Kalapas menjelaskan Lapas Saumlaki lakukan penerapan protokol ksehatan ketat mengingat tingkat penularan COVID-19 di Indonesia masih tinggi. "Lebih baik mencegah karena jika COVID-19 sampai masuk di Lapas, kami pasti kewalahan,” ucapnya.

Salah satu petugas pengamanan perempuan Lapas Saumlaki, Yosina Van Harling, mengatakan setiap tahanan baru akan dimasukkan ke dalam ruang orientasi selama 14 hari untuk isolasi mandiri dan akan diawasi langsung oleh petugas agar tidak terjadi kontak langsung dengan Warga Binaan Pemasyarakatan yang lain. "Siapapun dia, tahanan baru akan kami isolasi selama 14 hari sambil dipantau keadaannya," pungkas Yosina. (IR)

 

Kontributor: Yossi L.

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0