Lapas Tarakan Pindahkan 2 Narapidana ke Lapas Balikpapan

Lapas Tarakan Pindahkan 2 Narapidana ke Lapas Balikpapan

Tarakan, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Tarakan memidahkan sejumlah narapidana ke Lapas di luar Tarakan, Sabtu (20/11). Dengan persetujuan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Timur-Utara, pemindahan dilakukan mengingat daya tampung Lapas Tarakan telah melebihi 300% dari kapasitas yang hanya 477 orang, namun dihuni 1.361 Warga Binaan Pemasyarakatan. Apalagi, jumlah petugas pengamanan hanya 10 orang/regu sehingga berpotensi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban.

“Kami telah melaksanakan pemindahan dua narapidana ke Lapas Kelas IIA Balikpapan," kata Kepala Lapas Tarakan, Yosef Yembise.

"Pemindahan dua narapidana ini adalah tahap pertama dan akan dilakukan tahap berikutnya dengan pertimbangan kategori narapidana yang berpotensi melakukan pelanggaran keamanan dan tata tertib di Lapas," tambah pria asli Papua ini.

Yosef mengatakan Lapas Tarakan bersama Pemerintah Kota dan Aparat Penegak Hukum (APH) akan terus bersinergi untuk menekan peredaran narkoba yang masuk melalui wilayah Kalimantan Utara, lebih khusus di Tarakan dari Malaysia maupun Filipina. “Selain pemindahan narapidana, dalam waktu dekat ini kami bersama APH dan awak media akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait bahaya narkoba lewat kegiatan pembagian sticker berisi pesan bahaya narkoba,” jelasnya. (IR)


Kontributor: Lapas Tarakan
 

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
1