Lapas Terima 75 Gembok Baru

Lapas Terima 75 Gembok Baru

Saparua, INFO_PAS - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Saparua menerima paket pengadaan barang dari Direktorat Jendral Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI berupa 75 gembok, Senin (29/11). Hal ini sesuai dengan surat perjanjian/kontrak No. PAS1.PB.02.01-1920 Tahun 2021.

Gembok dengan spesifikasi terbuat dari bahan baja, dilapisi karbon nitrat dengan ditanami anti karat nikel, dan berdiameter shackel gembok 11-11,2 mm ini dilengkapi dua kunci pada setiap gemboknya. Penambahan gembok baru diharapkan memaksimalkan pengamanan di Lapas Saparua.

“Nantinya kami akan mengganti gembok-gembok yang sudah usang dengan gembok baru sehingga keamanan dan ketahanan gembok tetap terjaga kualitasnya,” ungkap Donny D. Lekatompessy selaku Kepala Subseksi (Kasubsi) Keamanan dan Ketertiban (Kamtib).

Lebih lanjut, Donny menjelaskan spesifikasi gembok yang pembukaanya menggunakan sistem penguncian ganda dilengkapi bantalan bola baja. Dengan spesifikasi lengkap, ia berharap gembok ini bisa tahan lama dan membantu kamtib di Lapas. “Semoga gembok ini bisa digunakan dalam jangka waktu lama,” harapnya.

Sementara itu, Ernes L. Laturette selaku Kepala Lapas (Kalapas) Saparua mengucapkan terima kasih kepada Ditjenpas yang telah memberikan inventaris gembok untuk Lapas Saparua. Tak lupa, ia memberikan imbauan untuk seluruh petugas pengamanan agar menjaga barang inventaris yang telah diberikan. “Semoga dengan adanya penambahan gembok ini dapat meningkatkan kamtib di Lapas Saparua,” harapnya. 

Sebelumnya, sebanyak 75 gembok dari Ditjepas juga diterima Lapas Kelas III Dobo sebagai sarana penunjang keamanan, Sabtu (27/11). Paket gembok diterima langsung oleh Kasubsi Kamtib, La Nea. “Kami menerima kiriman bantuan gembok dari Ditjenpas. Semua dalam keadaan baik dan jumlahnya sesuai berita acara pengiriman,” jelasnya.

Gembok tersebut langsung diserahkan kepada bagian tata usaha untuk dicatat dan dimasukkan ke dalam daftar Barang Milik Negara. Gembok yang sudah dicatat nantinya akan digunakan untuk mengganti gembok yang sudah berkarat ataupun rusak. “Dengan adanya kiriman gembok baru ini, kami akan melihat bagian-bagian mana yang perlu diganti gemboknya sebagai deteksi dini gangguan kamtib,” terang La Nea.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kalapas Dobo, Sony Tanikwele, mengucapkan terima kasih kepada Ditjenpas karena telah mengirimkan paket gembok baru. “Semoga adanya gembok yang baru ini dapat membantu petugas dalam menjaga kamtib di Lapas. Kepada petugas, jika mendapati gembok yang berkarat, segara laporkan untuk diganti dengan yang baru,” pesannya. (IR)

 

Kontributor: Lapas Saparua, Lapas Dobo

What's Your Reaction?

like
1
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0