Lebih Dekat Lebih Baik, Lapas Geser Direncanakan Segera Pindah ke Bula

Lebih Dekat Lebih Baik, Lapas Geser Direncanakan Segera Pindah ke Bula

Bula, INFO_PAS – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku, Andi Nurka, didampingi Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas III Geser, Idris Kilkoda, menghadiri Penandatanganan Naskah Hibah Tanah dan Serah Terima Barang Milik Daerah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Kamis (5/8). Dalam kesempatan itu, diserahterimakan lahan lahan yang nantinya akan dibangun kantor baru Lapas Geser.

Bupati SBT, Abdul Mukti Keliobas, dalam sambutannya menyatakan ungkapan terima kasih atas kerja sama antara Pemerintah Kabupaten SBT dengan Kanwil Kemenkumham Maluku dan Pengadilan Negeri (PN) Dataran Hunimua. Nantinya, Lapas Geser yang semula berada di Desa Geser akan dipindahkan ke Kota Bula.

Menurut Mukti, ini adalah sebuah bentuk kepedulian dari Kanwil Kemenkumham Maluku dan PN Dataran Hunimua. Pihaknya mengaku siap menerima keberadaan kedua instansi sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat Kabupaten SBT.

“Saya memberikan apresiasi serta penghargaan setinggi-tingginya kepada Bapak Kakanwil  beserta rombongan yang sudah meluangkan waktu di tengah kesibukan Bapak sekalian untuk dapat hadir di Kabupaten SBT yang jauh ini, apalagi di tengah-tengah kondisi pandemi,” ungkap Mukti di Pendopo Kedinasan Bupati.

Kakanwil Kemenkumham Maluku, Andi Nurka, turut menyampaikan rasa terima kasihnya. Ia membeberkan hal ini sudah lama direncanakan, namun wacana tersebut akhirnya baru terealisasi. Menurutnya, sudah saatnya ada Lapas hadir di Kota Bula.

“Saya berpikir, kasihan bagi rekan-rekan kepolisian dan kejaksaan yang akhirnya jauh-jauh bolak-balik mengantar tahanan dari Geser ke Bula. Jadi, saya harap ini merupakan alternatif terbaik, Bukan saja bagi aparat penegak hukum, tapi juga membuka akses pengunjung Warga Binaan Pemasyarakatan bisa lebih mudah, apalagi di tengah-tengah pandemi seperti ini,” harap Andi.

Pada kesempatan itu, Kalapas Geser menerangkan proses hibah tanah tinggal hanya menunggu proses balik nama sertifikat. Selanjutnya, pihaknya akan melakukan peninjauan berkala untuk memastikan pengamanan lahan.

“Kami akan beri titik batas lahan, bekerja sama dengan Pak Rumadan selaku Kepala Bagian Hukum Kabupaten SBT. Mudah-mudahan tidak ada hambatan dalam proses selanjutnya,” tutup Idris. (prv)

 

Kontributor: Lapas Geser

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0