Lomba Kebersihan di Lapas Banjarmasin Dorong Perilaku Hidup Sehat

Share:

Banjarmasin, INFO_PAS – Seluruh kamar dan blok di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banjarmasin tampak bersih, rapi, dan tertata dengan abik. Pasalnya pada Selasa (25/4) diadakan penilaian lomba kebersihan antara kamar pada setiap blok yang dinilai langsung oleh tim independen dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Selatan.

Tim penilai terdiri dari beberapa orang Pejabat Admistrator, Pengawas, serta Jabatan Fungsional Umum dari Divisi Pemasyarakatan dan Divisi Administrasi. “Penilaian dilakukan secara objektif sesuai pengecekan dan kriteria penilaian yang telah ditentukan,” terang Kepala Bidang Bimbingan Kemasyarakatan, Pengentasna Anak, dan Informasi dan Komunikasi Kanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan.

Salah satu tim penilai yang merupakan Kepala Bagian (Kabag) Program dan Pelaporan, Andi Basmal, mengatakan pihaknya diberikan tanggung jawab besar dalam penilaian kebersihan ini. “Kami bertugas melakukan penilaian kebersihan, kerapian, dan keindahan kamar hunian setiap blok. Semua ada kriteria penilaian, mulai dari angka 50 hingga 90 untuk selanjutnya direkapitulasi dalam merumuskan pemenang lomba,” jelasnya.

Senada dengan hal tersebut, Kabag Umum, Rahmat Renaldy, yang juga tim penilai mengharapkan kegiatan positif seperti ini terus belanjut untuk memacu Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dalam membentuk perilaku hidup bersih dan sehat “Ditengah permasalahan over kapasitas, isu kebersihan dan pola hidup bersih WBP merupakan salah satu permasalahan yang harus tertangani dengan baik,” katanya

Sebelumnya, Kepala Lapas Banjarmasin, Hendra Eka Putra, mengatakan lomba kebersihan kamar antar blok diharapkan bisa memotivasi semua pihak untuk menjaga kebersihan dan keindahan kamar huniannya. “Lomba ini diharapkan menumbuhkan kesadaran akan hidup bersih yang diawali dari lingkungan sendiri,” ucapnya.

Dalam lomba tersebut, obyek penilaian meliputi kebersihan, kerapian, dan keindahan setiap blok secara umum mulai dari kamar, tempat tidur, tempat pakaian, toilet/kamar mandi yang memiliki keran berfungsi dan air mengalir, serta anjuran kebersihan lainnya.

 

 

Kontributor: Humas Kanwil

Lomba Kebersihan di Lapas Banjarmasin Dorong Perilaku Hidup Sehat | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya