LPKA Jakarta Pelajari Pengelolaan Kepegawaian di Lapas Cikarang

Share:

Jakarta, INFO_PAS – Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Jakarta adalah Unit Pelaksana Teknis yang baru beroperasional selama dua tahun. Banyak hal yang masih perlu dikembangkan, salah satunya dalam pengelolaan kepegawaian. Untuk itu, pada Senin (15/3) tiga petugas LPKA Jakarta, yakni Seno Hartowo selaku Kepala Urusan (Kaur) Kepegawaian dan Tata Usaha (TU) serta dua Jabatan Fungsional Umum melakuan studi tiru ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Bekasi.

Didampingi Kaur TU Lapas Kelas III Bekasi, Irawan Wijaya, perwakilan LPKA Jakarta banyak belajar mengenai pengelolaan kepegawaian, contohnya pembuatan kalander kerja serta pelaksanaan reward and punishment petugas.

Dalam pembuatan kalender kerja, LPKA Jakarta diberikan contoh untuk membuat kalender kerja setiap satu bulan sehingga target pekerjaan yang harus diselesaiakan pada bulan berjalan dapat dipantau oleh seluruh petugas dengan harapan pekerjaan akan selesai dengan tepat waktu.

“Dalam penyelesaian laporan seperti Laporan Bulanan, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, dan Laporan Reformasi Birokrasi, kami tulis semua di papan ini. Jadi, dalam bulan ini kami tahu apa saja target pekerjaan yang harus diselesaikan,” terang Irawan.

studi tiru ke Lapas Kelas III Bekasi

studi tiru ke Lapas Kelas III Bekasi

Hal menarik lainnya yang patut ditiru dari Lapas Kelas III Bekasi atau kerap disebut Lapas Cikarang ini adalah selalu memberikan reward and punishment setiap bulan pada jajaraanya. Untuk petugas teladan dan petugas yang kurang berkinerja fotonya akan dipampang di lobi dan P2U. Hal ini yang akan dicontoh di LPKA Jakarta dimana LPKA sendiribelum menerapkan reward and punishment kepada petugas.

“Minggu ke-4 Bulan April ini kami akan mulai memberikan reward pada petugas yang berprestasi sekaligus dirangkai dengan kegiatan penyematan pangkat petugas. Kami berharap seluruh petugas LPKA Jakarta dapat berlomba-lomba berkinerja dengan baik,” kata harap Kaur Kepegawaian dan TU LPKA Jakarta, Seno Hartowo.

Selain itu, LPKA Jakarta juga belajar tentang penyelenggaraan Wilayah Bebas Korupsi, pelaksanaan coaching dan mentoring bagi petugas, Pembentukan Tim Kelompok Kerja (Pokja), misalnya Pokja Kreatif, Pokja Pertamanan, Pokja Perikanan, dl.

 

 

Kontributor: LPKA Jakarta

 

LPKA Jakarta Pelajari Pengelolaan Kepegawaian di Lapas Cikarang | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya