Merah Putih Narapidana Buktikan Bakti Untuk Negeri

Share:

Bantul, INFO_PAS – Pada hari pertama di bulan Agustus ini, Rutan Bantul mulai laksanakan “Merah Putih Narapidana Bhakti Bagimu Negeri” bekerja sama dengan pemerintah kelurahan setempat, yaitu kelurahan Guwosari Pajangan Bantul. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini, yaitu membersihkan selokan dan mengurung jalan desa yang belum rata, Senin (1/8).

Kegiatan ini diawali dengan apel yang dipimpin oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Bantul, Fx Agus Subagya, dihadiri oleh Lurah setempat serta pejabat struktural Rutan Bantul. “Para narapidana yang terpilih ikut kegiatan ini hendaknya mengikuti dengan riang gembira dan sungguh-sungguh sehingga hati senang dan kerjaan bisa selesai dengan baik,” pesannya.

Sementara itu, Lurah Guwosari, Solehudin Sya’bani,  menyampaikan harapannya agar kegiatan ini bisa menjadi ajang untuk berbenah diri. “Jika kemarin saudara khilaf sehingga harus berada di rutan, maka kesempatan ini hendaknya digunakan dengan baik sehingga bila tiba saatnya saudara pulang kerumah dan masyarakat, saudara siap untuk kembali ke masyarakat dan mampu menunjukkan bahwa saudara sudah berubah menjadi pribadi yang lebih baik,” harapnya.

Selesai memberikan sambutan, Solehudin berkenan menyerahkan alat kerja bhakti secara simbolis kepada perwakilan narapidana Rutan Bantul.

Selain di Rutan Bantul, program “Merah Putih Narapidana Bhakti Bagimu Negeri” juga bergema di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan seluruh Indonesia. Di Lampung, sebanyak 25 WBP dari 10 UPT Pemasyarakatan wilayah Lampung melakukan bakti sosial perbaikan Panti Asuhan Miftahul Ulum yang terdapat di sekitar Bandar Lampung, yakni Lapas Metro, Lapas Kotabumi, Lapas Way kanan, Lapas Gunung Sugih, Rutan Kotabumi, Rupbasan Kotabumi, Rutan  Krui, Rutan Sukadana, Rutan  Menggala, Bapas  Metro, dan Rupbasan  Metro.

WBP Lampung perbaiki panti asuhan

“Pemilihan panti asuhan sebagai tujuan dari tempat bakti sosial dengan harapan mental dari WBP yang diikut sertakan dalam proses pengerjaan ini dapat tersentuh melihat kondisi yang ada dan dapat mengaplikasikan pelatihan yang dijalani selama di lembaga pemasyarakatan (lapas),” tutur Kepala Lapas (Kalapas) Bandar Lampung,” Sudjonggo.

Sementara itu, Kalapas Gunung Sugih, Syarpani, menuturkan hasil karya narapidana yang dipersembahkan dan bermanfaat bagi masyarakat umum sebagai bentuk “permohonan maaf” atas kekhilafan yang dilakukan dan telah mencederai masyarakat. “Perbuatan para narapidana ini dahulu telah merusak tertib hukum dan tertib sosial di masyarakat. Nah, saat ini mereka maksimal berbuat dan menghasilkan karya nyata sebagai wujud permohonan maaf kepada masyarakat. Ayo, maafkan,” ajaknya saat peletakan batu pertama pembangunan Masjid Darul Huda, Kota Gajah, Lampung Tengah.

Lampung

 

Lampung

 

Lampung

 

Rutan Barelang

 

Rutan Barelang

Di Banten, Pasukan Merah Putih Narapaidana membantu pembangunan PAUD sampai dengan selesai. “Anggaplah kerja keras Pasukan Merah Putih Narapidana ini sebagai ladang ibadah dikemudian hari dan menjadikan kerja keras kita bersama sebagai sumbangsih kita terhadap negeri,” pesan Kepala Rutan Serang, Anton.

Pasukan Merah Putih Narapidana yang diikuti oleh narapidana dari Lapas Serang, Lapas Cilegon, Rutan Serang, Rutan Pandeglang, dan Rutan Rangkasbitung dengan mengirimkan masing-masing narapidanya sebanyak lima orang.

“Diharapkan pembangunan PAUD ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar dan menjadi kontribusi nyata narapidana dalam masyarakat, bahwa narapidana juga dapat ikut serta memberikan sumbangsih di masyarakat dan mereka tidak sepenuhnya jahat dan salah,” harap Anton.

Banten

 

Banten

 

Merah Putih Narapidana Lapas Tangerang juga telah mengimplementasikan melalui kegiatan yang menyasar pada aktivitas sosial dengan membangun fasilitas umum dengan memilih tempat yang tepat di SDN Sukasari 3 Kota Tangerang. Kegiatan dilanjutkan dengan peletakan batu pertama pembuatan pondasi toilet dan kamar mandi di lokasi SDN Sukasari Kota Tangerang.

Lapas Tangerang

 

Lapas Tangerang

 

Lapas Cipinang

 

Lapas Cipinang

Acara Merah Putih Narapidana di Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru diwujudkan dengan pembangunan Musholla Pengayoman yang berlokasi di halaman Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru. Ini merupakan merupakan inisiasi dari Rutan Pekanbaru, Lapas Perempuan Pekanbaru, dan LPKA Pekanbaru.

Rutan Pekanbaru

 

Rutan Pekanbaru

 

UPT Pemasyarakatan Batam yang terdiri dari Lapas Batam, Rutan Batam, Lapas Perempuan Batam, dan LPKA Batam mengadakan Bhakti Kepada Negeri Merah putih Narapidana di Panti Asuhan Ya Bunayya Batam. Ini merupakan wujud kepedulian jajaran Pemasyarakatan dibidang sosial sekaligus sebagai pembuktian hasil pembinaan kemandirian yang sudah dilaksanakan oleh UPT Pemasyarakatan Batam kepada narapidana.

“Pembangunan  ini diharapkan akan bermanfaat terhadap perkembangan anak-anak penghuni panti, terutama dalam mendukung kesehatan mereka dan merupakan ibadah yang pahalanya akan terus mengalir,” ujar Kalapas Batam, Surianto.

Batam

 

Di Rutan Karimun, Bhakti Kepada Negeri Pasukan Merah Putih Narapidana melakukan pembuatan Mushala Sirothal Mustaqim dengan penentuan arah kiblat bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kab.Karimun serta rencana pembuatan PAUD.

Rutan Karimun

Tim Merah Putih Narapidana Rutan Majene yang bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Majene dan Relawan siaga 86 mewujudkan Merah Putih Narapidana, Bakti Bagimu Negeri dengan membangun WC umum.

“Kegiatan ini diselenggarakan untuk memulihkan hubungan antara narapidana dan masyarakat sebagai bentuk ungkapan permohonan maaf sekaligus untuk memupuk sifat gotong royong dan kebersamaan mereka kepada masyarakat,” ungkap M. Arham selaku Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Majene.

Rutan Majene

 

Lapas Banjar

 

Lapas Banjar

 

Rutan Sumenep

 

Rutan Sumenep

 

Sementara itu, sebanyak 12 WBP Lapas Perempuan Jakarta terjun langsung ke masyarakat untuk mengikuti kegiatan kerja bakti yang bertempatan di Mushala Al Hikmah, Pondok Bambu. Mereka juga membersihkan pekarangan sekitar mushala yang cukup tidak terurus. “Semua ini sebagai bentuk rasa bersalah WBP dan upaya mereka dalam menebus kesalahan dengan berbakti kepada negeri,” ujar Kalapas Perempuan Jakarta, Ika Yusanti.

Lapas Perempuan Jakarta

 

Lapas Perempuan Jakarta

Merah Putih Narapidana Buktikan Bakti Untuk Negeri | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya