Napi Narkoba se-Banten Direhabilitasi dengan Pendekatan Spiritual

Share:

Tangerang, INFO_PAS – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Banten menyepakati kerja sama dengan Gerakan Pemuda (GP) Anshor wilayah Banten terkait rehabilitasi pecandu narkoba melalui pendekatan sosial keagamaan. Kerja sama ini ditandatangani oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Banten, Enny Purwaningsih, dan Ketua Badan Anti Narkoba (Banar) Anshor, Ahmad Nuri, pada Rabu (7/2) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pemuda Tangerang.

“Seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan wilayah Banten berkomitmen untuk memberantas narkoba dan membina para pecandu narkoba di dalam lapas bersama GP Anshor. Terima kasih atas kesediannya memberikan pembinaan spritual sebagai upaya rehabilitasi bagi penyalahgunaan narkoba di wilayah Banten,” ucap Kepala Kanwil (Kakanwil) Kemenkumham Banten, Ajub Suratman.

Acara juga dirangkaikan dengan peresmian Pondok Pesantren (Ponpes) At Taubah 4 Lapas Pemuda Tangerang oleh Kakanwil Kemenkumham Banten, serta pengajian dan istighosah oleh Abuya Muhtadi Dimyati Cidahu, salah satu tokoh agama kharismatik wilayah Banten. Ajub berharap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) menjadi manusia yang sportif bagi dirinya, keluarga, dan masyarakat dengan menjadi manusia yang taat hukum, melaksanakan perintah Allah SWT, dan menjauhi larangan-Nya.

“Aktiflah dalam pembinaan yang dilaksanakan di Ponpes At Taubah sehingga saat bebas nanti menjadi manusia yang diharapkan keluarga dan bermanfaat bagi masyarakat,” pesannya kepada para WBP.

Dituturkan Kakanwil, WBP memiliki kesempatan yang sama di masyarakat sehingga kegiatan ini diselenggarakan. “Kegiatan ini juga sebagai salah satu bentuk pembinaan kepribadian bagi para WBP,” lanjut Ajub.

istighosah di Lapas Pemuda Tangerang

Sementara itu, Ketua Banar Anshor, Ahmad Nuri, mengatakan ingin menjadi organisasi yang membantu pemerintah dalam memberantas terorisme dan memberantas narkoba melalui Banar Anshor. Selanjutnya, kerja sama ini akan di-folow up melalui kegiatan pembinaan narapidana berupa Dakhawah Islamiah di UPT Pemasyarakatan se-Banten.

“Kami siap membantu pembinaan narapidana pecandu narkoba dua kali dalam sepekan agar menjadi manusia yang kembali kepada ridha Allah dengan menjauhi narkoba serta menjadi manusia yang berguna bagi masyarakat, keluarga, serta aktif dalam pembangunan,” janjinya.

Bertema “Spritual Sebagai Upaya Rehabilitasi Bagi Penyalahgunaan Narkoba di Lapas pemuda Tangerang,” acara tersebut turut dihadiri perwakilan Majelis Ulama Indonesia Kota Tangerang, Badan Narkotika Nasional Provinsi Banten dan Kota Tangerang, alim ulama Kota Tangerang, serta Kepala UPT Pemasyarakatan wilayah Banten.

“Terima kasih kepada Bapak Kakanwil yang telah meresmikan pesantren lapas. Semoga WBP menjadi manusia yang baik dari sebelumnya,” harap Kepala Lapas Pemuda Tangerang, Marlik Subiyanto.

Napi Narkoba se-Banten Direhabilitasi dengan Pendekatan Spiritual | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya