Pastikan Senjata Api Berfungsi Baik, Ini yang Dilakukan Lapas Ambon

Pastikan Senjata Api Berfungsi Baik, Ini yang Dilakukan Lapas Ambon

Ambon, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon melalui jajaran keamanan dan ketertiban bersama petugas pengamanan melakukan perawatan dan pemeriksaan senjata api (senpi), Senin (17/1). Hal ini dilakukan guna memastikan kondisi senjata tetap baik sehingga dapat berfungsi dengan baik guna menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi Pemasyarakatan, terutama pada bidang keamanan.

Kepala Subseksi Keamanan, Hendro Suatrian, mengatakan bahwa perawatan dan pemeliharaan senpi dilakukan secara berkala berfungsi untuk menunjang kinerja dan kualitas keamanan yang ada di Lapas, terutama mencegah gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib) di Lapas Ambon. “Ini merupakan bagian dari tugas dan fungsi pokok Seksi Kamtib dalam meningkatkan kewaspadaan serta kesiapan menghadapi gangguan keamanan yang dapat terjadi di Lapas Ambon,” ucap Hendro.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Ambon, Pieter  J. Lessy. Menurutnya, perawatan dan pemeliharaan senjata tangan dengan benar merupakan keharusan bagi setiap pemilik senjata api dan sangat diperlukan untuk keamanan di dalam Lapas Ambon.

Ia menambahkan, penggunaan senjata ini pun tidak diperbolehkan bagi petugas yang belum mendapatkan pendidikan menembak atau kesamaptaan. Senjata yang tersedia di Lapas Ambon hanya bisa digunakan oleh petugas yang sudah mendapatkan pelatihan fisik atau kesamaptaan dan pelatihan menembak.

Perawatan dimulai dengan mengecek bagian luar tubuh senpi, dilanjutkan dengan membongkar senpi untuk memeriksa seluruh isi dari komponen-komponen di dalamnya. Hal ini secara teliti dilakukan agar seluruh bagian dari senpi tidak luput dari pengecekan. Saat ini, Lapas Ambon memiliki senjata api berupa senjata genggam bernadeli, senjata genggam P3A, pelontar gas air mata, dan senjata bahu shotgun. (prv)

 

Kontributor: Lapas Ambon

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0