Terima kasih tidak mengambil konten tanpa izin

Patroli Petugas Lapas Batu Pastikan Keamanan Wilayah Nusakambangan

Share:

Nusakambangan, INFO_PAS – Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Batu melakukan patroli ke pelbagai wilayah yang masih dibawah otonomi instansi Pemasyarakatan di Nusakambangan, Senin (10/2). Patroli tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Batu, Mardi Santoso.

Pada kesempatan ini, rute yang dijadikan patroli dimulai dari wilayah Lapas Batu hingga Lapas Karang Tengah oleh delapan petugas Lapas Batu yang terdiri dari Tim Tanggap Darurat serta staf keamanan dan ketertiban (kamtib) dengan mengendarai motor. Jarak tempuh untuk mencapai daerah Lapas Karang Tengah sekitar 12,58 km dan ditempuh dalam durasi 1,5 jam melewati medan hutan yang licin dan terjal.

Pelbagai kendala dan hambatan pun ditemukan saat patroli, seperti jalanan menuju ke Lapas Karang Tengah sangatlah buruk, medannya dipenuhi pohon-pohon atau tumbuhan yang menutupi akses jalan, serta licin dan terjal. “Selama perjalanan, jalan atau medannya sangat licin. Banyak genangan air serta lumpur. Banyak tumbuhan-tumbuhan tumbuh menutupi akses jalan. Walau demikian, kami tetap semangat bertugas sampai tuntas. Alhamdulillah saat ini pun sudah selesai. Semua anggota dalam keadaan lengkap dan aman selama berpatroli,” tandas Mardi.

patroli wilayah Nuskambangan

Selama perjalanan menuju ke Lapas Karang Tengah, petugas menemukan hal-hal menarik yang perlu diperhatikan secara kontinyu, seperti beberapa kali menemui ibu-ibu ‘penderes’ yang sedang berjalan menuju hasil perkebunan, penduduk yang berprofesi sebagai pengepul dan memproduksi gula merah, hingga sekumpulan orang yang berwisata menikmati suasana lingkungan alam Pulau Nusakambangan. Tim patroli langsung menanyakan tujuan dan kejelasan keberadaan orang-orang tersebut demi keamanan wilayah Nusakambangan.

Secara terpisah, Hendra Eka Putra selaku Kepala Lapas Batu serta koordinator lapas se-Nusakambangan menuturkan usai mendapat laporan dari pemimpin patroli mengenai kegiatan tersebut, ia menegaskan hal ini akan menjadi catatan dan perhatian khusus.

“Kami semua ingin wilayah Nusakambangan tetap steril dan aman. Tidak semua orang bisa masuk wilayah Nusakambangan, kecuali telah mendapat izin tertulis dari pejabat terkait. Kedepannya kami akan tingkatkan koordinasi dengan aparat dan jajaran setempat terkait pengamanan wilayah Nusakambangan agar senantiasa aman dan steril. Saya yakin marwah serta eksistensi Nusakambangan akan kembali lagi,” tutur Hendra.

Ia berjanji patroli ini akan dijadikan agenda rutin sebagai bagian dari pelakasanaan tugas-tugas Pemasyarakatan di wilayah Nusakambangan, khususnya dalam bidang pengamanan. “Mari kita jaga dan pelihara keamanan wilayah Nusakambangan secara bersama-sama. Kalau bukan kita, siapa lagi,” pungkas Hendra.

 

 

Kontbutor: Yowi Putra Permana

Patroli Petugas Lapas Batu Pastikan Keamanan Wilayah Nusakambangan | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya