Terima kasih tidak mengambil konten tanpa izin

Peduli Sesama, Insan Pemasyarakatan Se-Kota Palangka Raya Antusias Ikuti Donor Darah

Share:

Palangkaraya, INFO_PAS – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Kalimantan Tengah khususnya Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan di Kota Palangka Raya, melakukan serangkaian acara untuk memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-55 Tahun 2019. Rangkaian kegiatan di awali dengan donor darah. Dimulai sejak pukul 09.00 WIB sampai dengan selesainya kegiatan pukul 12.30 WIB di halaman Aula Lapas Kelas II A Palangka Raya Jalan Tjilik Riwut KM. 2,5 Palangka Raya, Kamis (14/03).

“Seluruh Insan Pemasyarakatan Se-Kota Palangka Raya baik dari Divisi Pemasyarakatan, Lapas Kelas II A Palangka Raya, Lapas Perempuan Kelas II A Palangka Raya, LPKA Kelas II Palangka Raya, Rutan Kelas II A Palangka Raya, Bapas Kelas II Palangka Raya serta Rupbasan Kelas I Palangka Raya turut ambil bagian dalam aksi kemanusian ini,” terang Ketua Panitia yaitu Kalapas Kelas II Palangka Raya Syarif Hidayat.

Dalam aksi donor darah ini disambut dengan antusias karena dari daftar hadir diterima pendonor bukan hanya para petugas saja yang ikut diambil darahnya dalam kegiatan ini, akan tetapi para Pejabat dan Kepala UPT juga membaur bersama mengisi blanko yang telah dipersiapkan pihak petugas dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palangka Raya.

Akan tetapi dari target yang ditetapkan 100 orang pendonor, yang bisa mendonorkan darahnya hanya 57 orang saja karena pada saat pemeriksaan ada yang tensi darahnya rendah, baru saja mengkonsumsi obat, dan lain-lain sehingga petugas medis dari PMI melarang mereka ikut serta donor darah mengingat keadaan kesehatan yang bersangkutan.

Sementara Kepala Divisi Pemasyarakatan, Hanibal, yang juga sebagai Plh. Kepala Kantor Wilayah saat meninjau kegiatan ini mengatakan bahwa kegiatan donor darah merupakan aksi kemanusiaan insan Pemasyarakatan sebagai wujud terima kasih kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya Pemasyarakatan sudah berusia 55 Tahun di Tahun 2019 ini.

“Kegiatan ini sebagai salah satu kepedulian sosial kepada sesama karena seperti kita ketahui bersama bahwa dimusim sekarang ini banyak warga yang terkena penyakit demam berdarah sehingga sangat memerlukannya, terlebih kantong-kantong darah persediaan yang ada di Palang Merah Indonesia Kota Palangka Raya sangatlah terbatas bahkan pernah sampai kehabisan,”ujarnya.

Oleh karena itu melalui kegiatan donor darah ini diharapkan mampu meningkatkan rasa empati dan kepedulian kita kepada sesama. Mudah-mudahan mendapatkan manfaat dan membawa semangat PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transfaran dan Inovatif) bagi Seluruh Insan Pemasyarakatan Kalimantan Tengah yang BERKAH dan BAHALAP, terang Kadiv Pemasyarakatan.

 

Kontributor :  Ka. Subbid Pembinaan, Infokom dan Kerjasama Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah

Peduli Sesama, Insan Pemasyarakatan Se-Kota Palangka Raya Antusias Ikuti Donor Darah | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya