Pelajari Cara Pengawalan & Penggeledahan Tahanan, Siswa SPN Belajar ke Rutan Bantul

Share:

Bantul, INFO_PAS – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Bantu kedatangan 12 siswa Sekolah Polisi Negara (SPN) Selopamioro Yogyakarta dengan didampingi satu instruktur dan dua pendamping senior, Rabu (20/2). Kedatangan mereka disambut oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Bantul, FX Agus Subagya.

Pada kesempatan itu, Ipda Sawabi selaku instruktur membawa para siswa ke Rutan Bantul untuk belajar cara pengawalan dan penggeledahan kepada tahanan yang masuk atau keluar rutan untuk keperluan pemeriksaan.

“Ada beberapa jenis penggeledahan diantaranya penggeledahan kamar hunian, penggeledahan badan narapidana ataupun tahanan, penggeledahan badan pengunjung, serta penggeledahan barang bawaan pengunjung yang akan diberikan kepada narapidana atau tahanan,” jelas Agus.

siswa SPN kunjungi Rutan Bantul

Selanjutnya, ia mengajak para siswa menuju ke ruang layanan terpadu. Di sana, para siswa dijealskan tentang fasilitas yang tersedia diantaranya loker tempat penitipan barang, penitipan uang, fasilitas visitor check-in atau self service, dan juga alat untuk mengetahui kepuasan pengunjung atau masyarakat, yaitu Indeks Kepuasan Masyarakat.

“Kami selaku pelayan masyarakat dalam menjalankan tugas harus santun, tetapi tetap tegas sesuai dengan aturan yang ada,” tutur Agus.

 

 

Kontributor: Arif Jumhan

Pelajari Cara Pengawalan & Penggeledahan Tahanan, Siswa SPN Belajar ke Rutan Bantul | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya