Pelatihan Setir Mobil Buka Peluang Kerja Klien Bapas

Share:

Jakarta, INFO_PAS – Klien Balai Pemasyarakatan (Bapas) Jakarta Timur-Utara dibekali pelatihan keterampilan setir mobil mulai tanggal 14 s/d 28 Agustus 2017. Pelatihan ini diikuti oleh 30 klien Bapas Jakarta Timur-Utara bekerja sama dengan Yayasan Among Raga.

“Manfaatkanlah kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Kalian terpilih dari ribuan klien bapas,” pesan Kepala Bapas Jakarta Timur-Utara, Netty Saraswati, yang diwakili oleh Ida Rifdiah, salah seorang pejabat struktural di Bapas Jakarta Timur-Utara.

Perwakilan dan instruktur dari Yayasan Among Raga, Deden Kusnidar, menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan pihak bapas atas terlaksanakanya kegiatan tersebut. “Manfaatkanlah momen ini untuk menciptakan peluang kerja,” pesannya.

Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan pemberian materi oleh narasumber dan instruktur dari Yayasan Among Raga. Mereka menampilkan video simulasi berkendara roda empat kepada para peserta pelatihan.

Selain itu, para klien diajari teknik mengemudi, diantaranya dalam kondisi lurus, berbelok, zig-zak, naik/menanjak, menurun, serta penggunaan dan kelebihan rem tangan. Instruktur juga menyampaikan prinsip dalam keselamatan berkendara seperti BALOK (Ban, Air, Listrik, Oli, Karet dan Kabel-kabel serta Kartu Mengemudi) yang harus disiapkan sebelum berkendara, SIKAP (Suara, Izinkan kendaraan lain, Koran, Anak, Ponsel) yang harus diperhatikan dalam berkendara, dan SIGAP (Signal, Interval, Gerak, Awasi, Perhatikan) yang harus dipatuhi dalam berkendara.

Ketua pelaksana pelatihan, Yuli Rosfita, menjelaskan para peserta dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok pagi dan siang. Kelompok pagi yang diketuai oleh Hari Prabowo dimulai pukul 08.00 WIB, sedangkan kelompok siang diketuai oleh Safrizal dimulai pukul 11.30 WIB.

“Bukan hanya mendapatkan ilmu mengemudi saja, para peserta juga akan mendapatkan SIM A apabila lulus dalam ujian,” terang Yuli.

 

 

Kontributor: Bapas Jakarta Timur-Utara

Pelatihan Setir Mobil Buka Peluang Kerja Klien Bapas | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya