Pemeliharaan Gembok Cegah Gangguan Keamanan di Lapas Labuhan Bilik

Pemeliharaan Gembok Cegah Gangguan Keamanan di Lapas Labuhan Bilik

Labuhan Bilik, INFO_PAS - Staf keamanan dan ketertiban Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Labuhan Bilik, Febrin Manik, melakukan pemeliharaan gembok sebagai rutinitas bulanan, Selasa (3/8). Pada umumnya karat yang muncul di gembok biasanya karena paparan sinar matahari, debu, dan tetesan air hujan secara terus-menerus sehingga gembok akan lebih cepat berkarat dan usang.

“Tujuan dari pemeliharaan gembok ini sebagai upaya mencegah timbulnya gangguan keamanan dengan meningkatkan kewaspadaan petugas dan mempersempit ruang gerak penghuni dan peralatan yang masuk dalam kategori sarana keamanan pencegahan, salah satunya adalah gembok,” ucap Febrin.

Pemeliharaan gembok dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan WD-40 yang berfungsi melumasi bagian dalam gembok agar bersih dan melindungi dari karat. Satu persatu gembok disemprot dengan teliti agar tidak ada bagian/sela-sela yang terlewat dari cairan tersebut.

Febrin juga menjelaskan cara pemeliharaan gembok, yaitu mempersiapkan peralatan pemeliharaan. meneteskan minyak pembersih ke lubang kunci dan sela-sela gembok, mengoleskan minyak/oli ke batang kunci, memutar kunci secara berulang-ulang, membersihkan gembok dengan kain pembersih, melakukan pengujian peralatan, menyimpan gembok di tempat yang bersih dan kering, mencatat kegiatan pemeliharaan, serta langkah terakhir melaporkan hasil pemeliharaan.

“Semoga dengan pemeliharaan secara teratur dapat menghindari kerusakan gembok,” harapnya. (IR)

 

 

Kontributor: Lapas Labuhan Bilik

What's Your Reaction?

like
1
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0