Pemutakhiran Data Pastikan WBP Lapas Watampone Ikuti Pemilu 2019

Share:

Watampone, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Watampone kembali melakukan pemutakhiran data Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) guna menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) serta Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, pada Jumat (7/12) dilakukan perekaman e-KTP bagi WBP Lapas Watampone.

Pimpinan tim perekaman data e-KTP di Lapas Watampone, Nurdin, menjelaskan ini merupakan kali kedua kedatangan mereka dimana sebelumnya pernah dilakukan pada Bulan September 2018.

“Kami kembali melakukan perekaman karena banyak WBP yang belum punya KTP sekaligus memberikan identitas kepada masyarakat, khususnya di Kabupaten Bone, karena  kepemilikan KTP bagi WNI merupakan kewajiban semenjak mereka berusia 17 tahun,” ujar pria yang menjabat Kepala Seksi Pindah Datang dan Pendataan Catatan Sipil ini.

Sementara itu, Azhar selaku Kepala Sub Seksi Registrasi Lapas Watampone menuturkan perekaman e-KTP merupkan tindak lanjut dari penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan 2 yang merekomendasikan adanya penambahan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di lapas menjadi dua TPS.

perekaman e-KTP

“Masih ada sekitar 232 WBP yang belum melakukan perekaman sehingga kami bekerja sama dengan disdukcapil guna melakukan perekaman data e-KTP hari ini,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Lapas Watanpone, Lukman Amin, menjelaskan perekaman e-KTP bagi WBP merupakan bentuk koordinasi dan kerja sama yang berkesinambungan antara Lapas Watampone, Komisioner KPU, dan disdukcapil dalam hal pemutakhiran data pemilih pada satuan kerja sesuai amanat Kepaal Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan.

“Ini merupakan bentuk jaminan pemenuhan HAM untuk memilih dan dipilih. Hal tersebut tidak  bisa direnggut walaupun mereka narapidana, kecuali hak politiknya dicabut oleh aparat penegak hukum,” tegas Lukman.

Beberapa rekan media cetak dan online juga tampak hadir, melihat, serta meliput kegiatan di Lapas Watampone tersebut.

 

 

 Kontributor: A. Yudistira

Pemutakhiran Data Pastikan WBP Lapas Watampone Ikuti Pemilu 2019 | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya