Penuhi Syarat, 2 WBP Lapas Saumlaki Terima Hak Asimilasi di Rumah

Penuhi Syarat, 2 WBP Lapas Saumlaki Terima Hak Asimilasi di Rumah

Saumlaki, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Saumlaki kembali berikan Asimilasi di rumah kepada dua orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Selasa (15/3). Asimilasi yang diberikan sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2021 dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19 di Lapas dan Rumah Tahanan Negara.

Semenjak diterapkannya Permenkumham Nomor 43 Tahun 2021, Lapas Saumlaki telah memberikan hak Asimilasi kepada 18 WBP. Dua WBP yang menghirup udara bebas kali ini, EW dan MJ, telah memenuhi syarat administratif dan substantif untuk menerima hak tersebut.

Melkianus Jempormasse selaku Kepala Subseksi (Kasubsi) Pembinaan menjelaskan bahwa kedua WBP tersebut telah melewati beberapa tahap, mulai dari proses pembinaan, penilaian oleh Wali Pemasyarakatan, penelitian kemasyarakatan, proses sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan, hingga proses pengusulan dan mereka pantas untuk mendapatkan hak tersebut.

“Kami tidak asal mengusulkan pemberian Asimilasi di rumah bagi WBP, mereka harus aktif dan patuh mengikuti setiap pembinaan yang ada dan wajib mengikuti beberapa tahap awal sebelum diusulkan,” ujar Melki.

Senada, Kasubsi Admisi dan Orientasi, David Philippus menjelaskan bahwa EW dan MJ telah penuhi syarat administratif. “2/3 masa pidana dari kedua WBP tersebut sebelum bulan Juni tahun 2022 dan keduanya telah menjalani 1/2 masa pidana. Sedangkan kelengkapan administratif lainnya telah terpenuhi, sehingga layak untuk mendapatkan hak tersebut,” jelasnya.

Lebih lanjut, Pelaksana Harian Kepala Lapas, Ridwan Rumalutur memberikan apresiasi penuh terhadap pelayanan prima bagi WBP. “Saya salut dengan kinerja jajaran Lapas Saumlaki yang selalu memperhatikan hak-hak WBP. Semua hak WBP diberikan tanpa ada unsur diskriminasi bahkan pungutan liar,” ujarnya.

“Jangan ulangi lagi kesalahan yang melanggar hukum, dan bantu pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19,” pesan Ridwan.

EW dan MJ selanjutnya diserahkan kepada pihak Balai Pemasyarakatan Kelas II Saumlaki untuk proses pengawasan selama menjalani Asimilasi di rumah. (prv)

 

Kontributor: Marchen R. L.

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0