Penyusun Laporan Keuangan Rutan Batang Ikuti Pra-Rekonsiliasi Semester II TA 2018

Share:

Pemalang, INFO_PAS – Penyusun laporan keuangan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Batang, yakni Nuur Sidiq Permana selaku operator Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual (SAIBA) serta Amin Aunur Rofiq yang merupakan operator Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK BMN), menghadiri Pra-Rekonsiliasi Penyusunan Laporan Keuangan Semester II Tahun Anggaran 2018, Rabu (12/12) di Kantor Imigrasi Pemalang.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali karena laporan neraca kami dikoreksi langsung oleh tim dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Tengah sebelum rekonsiliasi dengan Kantor Pelayanan Pajak Negara (KPPN),” tutur operator SAIBA Rutan Batang, Nuur Sidiq Permana.

Hal senada diungkapkan operator BMN Rutan Batang, Amin Aunur Rofiq. “Kami sering mendapat masalah dalam penyusunan neraca persediaan dan SIMAK. Dengan adanya pra-rekonsiliasi ini, permasalahan hingga Bulan November sudah clear. Tinggal menyusun neraca Bulan Desember,” ujarnya.

Sebelumnya, kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Bagian Umum Kanwil Kemenkumhan Jawa Tengah, Mutia Farida. Hadir pula Maria Titik selaku Kepala Sub Bagian Keuangan, pejabat administrator dan pengawas Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, serta operator SAIBA dan SIMAK BMN se-eks Karesidenan Pekalongan.

penyusun laporan keuangan Rutan Batang ikuti pra-rekonsiliasi

Maksud dari penyelenggaraan pra-rekonsiliasi agar penyusun laporan keuangan tidak menemui banyak permasalahan ketika rekonsiliasi dengan KPPN. Jika terdapat permasalahan diharapkan sudah diselesaikan saat pra-rekonsiliasi mengingat penyusunan laporan SIMAK BMN dan SAIBA sangat penting sebagai bagian dari laporan keuangan.

Nantinya, laporan keuangan yang baik akan dapat mempertahankan opini Wajar Tanpa pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan. “Kami harap seluruh operator terus meningkatkan kualitas laporan keuangan,” pesan Mutia.

Apalagi, lanjut Mutia, Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah mendapat penghargaan sebagai kanwil peringkat terbaik I kinerja pelaksanaan anggaran tahun 2018.

“Prestasi ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan. Ini tidak lepas dari peran serta para operator SIMAK BMN dan SAIBA,” ujarnya.

 

 

 

Kontributor: Rutan Batang

Penyusun Laporan Keuangan Rutan Batang Ikuti Pra-Rekonsiliasi Semester II TA 2018 | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya