Peragaan Robodance & Silat CASN Sultra Tuai Pujian

Share:

Kendari, INFO_PAS – Kepala Kantor Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara, Sofyan, memuji peragaan yang ditampilkan Calon Aparatur Sipil Negara formasi jabatan penjaga tahanan pada upacara penutupan orientasi tahap II di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kendari, Sabtu (3/2).

Hari itu, mereka memperagakan bongkar pasang senjata, beladiri praktis, seni beladiri, silat seni tunggal, pengendalian huru hara (PHH), dan robodance. Peragaan-peragaan tersebut merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki calon petugas Pemasyarakatan di lapas dan rutan.

“Hanya dua kata yang bisa saya ucapkan atas penampilan yang kalian persembahkan. Luar biasa,” puji Sofyan.

Waktu latihan yang singkat dan terbatas tidak menjadi kendala dalam menampilkan peragaan yang spektakuler. Hal ini tidak lepas dari ketekunan peserta dan kedisiplinan yang ditanamkan oleh pembina kepada peserta.

Bahkan, para peserta orientasi menampilkan peragaan PPH dengan sangat baik dan tanpa celah walaupun waktu latihan dan persiapannya dilakukan hanya dua hari. Tidak salah jika seluruh penonton yang hadir, termasuk warga sekitar dan keluarga peserta, memberikan tepuk tangan atas peragaan yang ditampilkan.

pencak silat

Peragaan silat seni tunggal dan robodance menjadi yang paling dinantikan karena ada unsur seni yang ditekankan di dalamnya. Silat seni tunggal merupakan gabungan antara keterampilan beladiri dan keindahan gerakan silat itu sendiri, sementara robodance adalah kolaborasi antara keterampilan baris berbaris dan seni tari dimana gerak tegas pasukan dipadukan oleh musik modern sehingga menghasilkan gerakan yang harmonis dan dinamis.

Pujian pun disampaikan Kepala Divisi Pemasyarakatan Sulawesi Tenggara, M. Muslim. Menurutnya, peragaan tersebut merupakan bentuk dari keberhasilan pelaksanaan orientasi dimana nilai-nilai kedisiplinan diterapkan dengan baik.

“Saya berharap apa yang didapatkan saat ini tidak begitu saja dilupakan, tetapi tetapi diingat dan bila perlu diulang secara terus menerus. Bukan saja hanya kepada yang mempresentasikan peragaan, tetapi kepada semua tunas pengayoman wajib mempelajari apa yang sudah ditampilkan tadi,” pesannya.

 

 

 

 

Kontributor: Rusman Farid

Peragaan Robodance & Silat CASN Sultra Tuai Pujian | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya