Perdana, WBP Perempuan Lapas Muara Teweh Jalani Asimilasi di Rumah

Perdana, WBP Perempuan Lapas Muara Teweh Jalani Asimilasi di Rumah

Muara Teweh, INFO_PAS - Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Muara Teweh kembali mengeluarkan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang mendapatkan program asimilasi di rumah dan integrasi dalam pencegahan penyebaran Coronavirus disease (COVID-19), Selasa (1/9). Hari itu, WBP perempuan an. Wardah binti Ilil dengan perkara penganiayaan pasal 351 (1) KUHP dengan lama pidana 1 tahun 6 bulan menjalani asimilasi di rumah yang beralamat di Jl. Cempaka Raya, Kelurahan Jambu, Kecamatan Teweh Baru, Kabu[aten Barito Utara, Kalimantan Tengah.

Bertempat di ruang pembinaan Lapas Muara Teweh, Surat Keputusan asimilasi di rumah langsung diserahkan Kepala Sub Seksi Registrasi dan Bimbingan Kemasyarakatan, M. Taufik Rinaldy.

Kepala Lapas Muara Teweh, Sarwito, membenarkan hal itu. "Hari ini satu WBP perempuan Lapas Muara Teweh untuk menjalani asimilasi di rumah. Ia telah menjalani 1/2 dari masa pidananya yang secara perhitungan jatuh Selasa (1/9) dan merupakan WBP perempuan Lapas Muara Teweh pertama menjalani program tersebut,” ujar Sarwito.

Pengeluaran dan pembebasan tersebut didasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI No. 10 Tahun 2020 tentang Syarat Pemberian Asimilasi dan Hak Integrasi bagi Narapidana dan Anak dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran COVID-19 serta Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI No.M.HH-19 PK.01.04.04 Tahun 2020 tentang Pengeluaran dan Pembebasan Narapidana dan Anak melalui Asimilasi dan Integrasi dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran COVID-19. Selanjutnya, pembimbingan dan pengawasan asimilasi dan integrasi akan dilaksanakan Balai Pemasyarakatan Muara Teweh.

"Pembebasan melalui asimilasi dan integrasi adalah upaya pencegahan dan penyelamatan narapidana dan Anak di Lapas Muara Teweh dari penyebaran COVID-19. Adanya program ini juga dapat mengantisipasi overcrowded di Lapas Muara Teweh," tutup Sarwito.

 

 

 

Kontributor: Lapas Muara Teweh

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0