Perekaman E-KTP Jamin Hak Politik WBP Lapas Narkotika Muara Beliti

Share:

Muara Beliti, INFO_PAS – Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang tengah berada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Muara Beliti mulai didata melalui perekaman E-KTP agar bisa menggunakan hak pilihnya. Hal ini ditandai dengan kedatangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Rawas dan Kependudukan dan Catatatn Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Musi Rawas, Selasa (13/2).

Kepala Lapas Narkotika Muara Beliti, Suyatna, menyambut antusias kegiatan ini. “Kami mengharapkan WBP bisa menyumbangkan hak pilih mereka untuk Pemilihan Gubernur Sumatera Selatan nanti,” harapnya.

Salah satu WBP yang mengikuti perekaman E-KTP, Aldi, juga mengungkapkan antusiasmenya. “Saya masih warga Sumatera Selatan yang mempunyai hak untuk memilih siapa gubernur kita nanti,” akunya.

Kepala Sub Bagian Program KPU Kabupaten Musi Rawas, Ediyus, menegaskan kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi moral WBP karena mereka merasa masih dianggap atau masih diakui oleh pemerintah setempat.

perekaman E-KTP di LPN Muara Beliti

“WBP di lapas pun masih mempunyai hak yang sama dengan warga yang di luar lapas dalam hak untuk memilih siapa calon pemimpin mereka,” tegas Ediyus.

Hal senada disampaikan Kepala Bidang Pelayanan di Disdukcapil Kebupaten Musi Rawa, Darwin. “Setiap Warga Negara mempunyai hak dalam mendapatkan kepemilikan dokumen kependudukan, begitu juga dengan WBP. Maka dari itu, kami siap memfasilitasi kegiatan perekaman E-KTP ini agar WBP masih mempunyai hak yang sama dengan warga yang di luar lapas,” tuturnya.

Kepala Seksi Pembinaan Narapidana dan Anak Didik Lapas Narkotika Muara Beliti, Triana Agustin, mengapresiasi perekaman E-KTP dengan jemput bola seperti ini.

“Ini merupakan salah satu pelayanan prima dan perlu kita lanjutkan terus agar masyarakat pun mengetahui bahwa pemerintah sangat memperhatikan masalah pelayanan bagi masyarakat,” tegas Triana.

 

 

Kontributor: Lapas Narkotika Muara Beliti

Perekaman E-KTP Jamin Hak Politik WBP Lapas Narkotika Muara Beliti | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya