Terima kasih tidak mengambil konten tanpa izin

Peringati International Mandela Day, Ditjen PAS-Second Chance Foundation Ajak Masyarakat Peduli Warga Binaan Lewat Lari Maraton

Share:

Dalam rangka memperingati International Mandela Day, Second Chance Foundation akan menggelar ajang Second Chance Charity Run 2019 pada 21 Juli mendatang. Mengangkat tema “Run for Your Second Chance”, tahun ini Second Chance Foundation menggandeng Direktorat Jenderal Pemasyarakatan untuk bersama-sama mengajak masyarakat lebih peduli dengan Warga Binaan Pemasyarakatan dan kegiatan pembinaan di dalam lapas.

Bukan sekadar lari maraton, Second Chance Charity Run juga menggalang donasi dari biaya pendaftaran peserta untuk mendukung kegiatan pembinaan WBP di dalam lapas. Selain menggandeng Ditjen PAS, ajang lari yang sebelumnya telah dilaksanakan di tahun 2017 ini turut didukung oleh United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) dan Kedutaan Besar Afrika Selatan di Indonesia.

“WBP jelas butuh bantuan kita karena mereka punya keterbatasan ruang. Namun, kreativitas tidak boleh dihalangi,” ungkap Evy Amir Syamsudin, Pendiri & Ketua Yayasan Second Chance pada konferensi pers Second Chance Charity Run 2019 di The East Jakarta, Selasa (16/7).

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan perhatian masyarakat bahwa pembinaan di dalam lapas bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Antara masyarakat, pemerintah, dan WBP itu sendiri harus saling mendukung kegiatan pembinaan untuk menjadikan WBP kembali ke masyarakat sebagai manusia yang bermartabat.

Direktur Pelayanan Tahanan dan Pengelolaan Basan Baran Ditjen PAS, Heni Yuwono, turut hadir pada konferensi pers dan mengungkapkan apresiasinya terhadap kegiatan charity run ini. Ia berharap program seperti ini akan terus berlanjut dan terus mendukung tugas fungsi jajaran Pemasyarakatan dalam memberikan pembinaan dan mwujudkan kehidupan WBP yang lebih baik setelah kembali ke masyarakat.

“Kami mengajak teman-teman untuk setidaknya menghilangkan stigma negatif tentang lapas dan warga binaan. Bersama-sama kita berikan edukasi dan menyukseskan kegiatan-kegiatan yang positif, serta meningkatkan kepedulian. Kami sangat membuka diri untuk bekerja sama dengan berbagai pihak,” pungkasnya.

Second Chance Charity Run 2019 akan diselenggarakan di Lot 16 SCBD, Jakarta. Terbagi atas dua kategori yaitu 5K dan 10K, kegiatan ini terbuka untuk umum. Pendaftaran dan informasi selengkapnya dapat dilihat di www.secondchancerun.com atau akun Instagram @scfoundationid.

 

Kontributor: Humas Ditjen PAS

Peringati International Mandela Day, Ditjen PAS-Second Chance Foundation Ajak Masyarakat Peduli Warga Binaan Lewat Lari Maraton | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya