Permainan Akhir Pekan, Solusi Pencegahan Gangguan Keamanan dalam LPKA

Share:

Bandar Lampung, INFO_PAS,- Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas II Bandar Lampung ajak Anak Didik Pemasyarakatan (AndikPAS) ikuti permainan akhir pekan, Sabtu (10/03). Kegiatan ini merupakan salah satu solusi pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib) di LPKA.

Adapun jenis permainan yang dimainkan adalah game oper karet dan game susun orang.

Kepala LPKA, Sugandi menuturkan bahwa pelaksanaan permainan akhir pekan bagi anak bertujuan untuk membantu menghilangkan kejenuhan mereka.

Ia menuturkan bahwa selama lima hari dalam satu minggu anak-anak sudah sekolah, mengikuti kegiatan bimbingan keterampilan dan kegiatan rutin lainnya. Jika anak -anak pada akhir pekan memiliki kegiatan yang menarik maka mereka tidak banyak waktu untuk berpikiran negatif.

“Anak-anak juga butuh hiburan agar mereka tidak jenuh, karena kalau mereka jenuh kita juga yang repot. Mereka pasti mikir yang aneh-aneh. Jadi kita isi aja dengan game dan kegiatan yang asik buat mereka”, tegas Sugandi.

Senada dengan Kepala LPKA, Kepala Seksi Pengawasan dan Penegakan Disiplin (P2D) , Edy Suyono menuturkan bahwa gangguan keamanan yang sering terjadi di LPKA akibat perilaku anak mengusili teman-temannya.

“Kalau tidak ada kegiatan, sesama anak sering saling ganggu, awalnya sih usil-usilan akhirnya ribut. Kalau sudah ribut jadinya gangguan kamtib. Jadi, anak-anak perlu diberikan permainan yang asik setiap akhir pekannya”, tandasnya. ***

 

 

Kontributor: Nafra Zhou

Permainan Akhir Pekan, Solusi Pencegahan Gangguan Keamanan dalam LPKA | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya