Perwakilan Bapas Yogya Hadiri Sosialisasi dan Koordinasi Korban Penyalahgunaan Napza

Share:

Yogyakarta, INFO_PAS – Balai Pemasyrakatan (Bapas) Kelas I Yogyakarta yang diwakili Kepala Seksi Bimbingan Klien Dewasa, Sri Rahayu Prakarsawati, menghadiri acara Sosialisasi dan Koordinasi Rehabilitasi Sosial Korban Penyalahgunaan Napza di Wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara ini diselenggarakan oleh Panti Sosial Rehabilitasi Sosial Korban Penyalahgunaan Napza “Satria”, Selasa (10/4) di Hotel Tugu Yogyakarta.

“Kami berharap Bapas Yogyakarta bisa bekerja sama dengan Panti Sosial Rehabilitasi Sosial Korban Penyalahgunaan Napza ini mengingat jumlah klien Pemasyarakatan dengan latar belakang pengguna napza yang cukup meningkat dari tahun ke tahun, plus di sini rehabilitasinya gratis,” kata Rahayu.

Selain perwakilan Bapas Yogyakarta, peserta lainnya berasal dari perwakilan dinas sosial kabupaten/kota, dinas sosial Provinsi DIY, BNNP, serta pekerja sosial. Kegiatan ini dibuka oleh Waskito Budi Kusuma selaku Direktur Rehabilitasi Sosial Korban Penyalahgunaan Napza Kementerian Sosial RI. Ia berharap pertemuan tersebut mampu membangun komitmen bersama antar pemangku kepentingan melalui program rehabilitasi sosial bagi korban penyalahgunaan napza.

“Kita harus selalu rukun walau memakai baju yang berbeda-beda dalam menangani korban penyalahgunaan napza guna kemajuan bangsa,” kata Budi.

Dalam kegiatan ini juga disampaikan program dinas Sosial Provinsi oleh Kepala Dinas Sosial Propinsi Yogyakarta, Untung Sukaryadi. Ia menyampaikan bahwa dalam penanganan korban penyalahgunaan napza diperlukan penguatan konsep penanggulangan, komunikasi yang baik, peran komunitas-komunitas dan gerakan-gerakan preventif, serta peran serta masyarakat untuk menangkal penyalahgunaan napza.

“Apabila ada sinergi dari seluruh lapisan masyarakat, instansi/ lembaga, niscaya penyalahgunaan napza dapat diminimalisir,” ungkap Untung.

 

 

 

Kontributor: WWN 

Perwakilan Bapas Yogya Hadiri Sosialisasi dan Koordinasi Korban Penyalahgunaan Napza | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya