Peserta ToT Orientasi Dasar CPNS Ditantang Lahirkan SDM Handal Pemasyarakatan

Share:

Jakarta, INFO_PAS – “Kepemimpinan yang transformatif adalah kepimpinan yang mampu menggerakkan semua kompetensi yang ada.”

Hal ini ditegaskan Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami, saat menyampaikan pembekalannya kepada 100 peserta Training of Trainers (ToT) Orientasi Dasar bagi CPNS, Selasa (12/12) di Hotel Swiss Bellin, Jakarta.

Ia menantang para peserta untuk mencetak SDM handal Pemasyarakatan, yaitu 14.000 CPNS yang akan menambah kekuatan Pemasyarakatan. “Penambahan 14.000 SDM ini bisa dikatakan sebagai bagian dari solusi overcrowding. Kita harus sepenuhnya mendukung. Jangan sampai CPNS ini menjadi beban baru, tapi harus menjadi kekuatan tangguh Pemasyarakatan,” urai Utami lagi.

Tak lupa, Utami mengingatkan kepada para peserta ToT untuk melaporkan kegiatan tersebut kepada para Kepala Divisi Pemasyarakatan di wilayah masing-masing. “Kami titipkan para CPNS kepada Anda semua untuk pembentukan performance, etika, dan semangat PASTI agar mereka dapat mengimplementasikannya pada area perubahan,” pesannya.

Para peserta ToT kali ini merupakan Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan dan pejabat struktural Pemasyarakatan serta Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) seluruh Indonesia. “ToT ini adalah pembekalan awal yang akan ditransformasikan oleh peserta kepada CPNS yang akan ditempatkan di 60 kementerian/lembaga,” lanjut Utami.

Hadir sebagai narasumber lainnya adalah Kepala Biro Kepegawaian Kemenkumham, M. Arifin. “CPNS seperti kertas putih. Kalian yang akan mewarnai, menjadikan mereka hitam, putih merah, angat tergantung pada Anda-Aanda yang hadir pada hari ini,” ungkap Arifin kepada peserta ToT.

“CPNS adalah tanggungjawab kita bersama untuk semakin menguatkan Pemasyarakatan,” tambahnya.

Peserta ToT Orientasi Dasar CPNS Ditantang Lahirkan SDM Handal Pemasyarakatan | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya