Petugas Bapas Pontianak Dampingi Klien Jalani Asesmen Lanjutan

Share:

Pontianak, INFO_PAS – Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Pontianak kembali melakukan pendampingan terhadap tiga klien untuk mengikuti asesmen lanjutan di Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Barat, Kamis (22/11). Ketiga klien merupakan eks pelaku tindak pidana penyalahgunaan narkotika.

Turut mendampingi ketiga klien tersebut adalah dua Calon Pegawai Negeri Sipil Pembimbing Kemasyarakatan Pertama, Rafindra dan Syafarudin. Keduanya bertugas pada sub seksi Bimbingan Klien Dewasa (BKD).

Kepala Sub Seksi BKD Bapas Pontianak, Repito Jumaliono, menyampaikan pentingnya kegiatan ini untuk memaksimalkan program reintegrasi. Selain itu, kegiatan ini untuk mengurangi risiko pengulangan tindak pidana yang sama oleh klien.

“Asesmen lanjutan ini dilakukan untuk memaksimalkan program reintegrasi terhadap klien eks narkotika yang sangat rentan terpapar kembali zat adiktif,” terangnya.

Repito juga menyampaikan kegiatan ini adalah wujud nyata dukungan Bapas Pontianak pada kliennya. “Asesmen ini adalah wujud nyata dukungan Bapas Pontianak dalam proses pemberantasan narkoba, khususnya dalam program pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran bagi klien yang sedang menjalani program reintegrasi,” tambahnya.

asesmen lanjutan

Kegiatan asesmen lanjutan ini dimulai tanggal 7-29 November 2018 berdasarkan Surat dari Kepala BNNP Kalimantan Barat No. B/1026/XI/Ka/Rh.00/2018/BNNP-KB. Sementara itu, total jumlah klien yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 17 klien eks pengguna narkotika.

Dalam kegiatan tersebut, klien sudah memasuki tahapan kontemplasi dan preparasi. Adapun dalam tahapan ini klien diberikan masukan, motivasi, serta penguatan-penguatan positif dari psikolog BNNP Kalimantan Barat, Rosdaniar, agar tidak mengulangi lagi perbuatannya.

Rosdaniar juga memberikan kartu kontrol jalan. “Kartu ini berfungsi untuk bukti rekam medis para klien sampai sejauh mana mereka mengikuti tahapan asesmen. Kami bisa melihatnya dari kartu ini,” jelasnya.

 

 

Kontributor: Bapas Pontian

Petugas Bapas Pontianak Dampingi Klien Jalani Asesmen Lanjutan | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya