Petugas dan WBP Lapas Sarolangun Sulap Lahan Gersang Jadi Subur

Share:

Sarolangun, INFO_PAS – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Sarolangun, Irwan, didampingi Kasubsi Pembinaan, Jonerwan dan beberapa orang staf melakukan panen sayur di kebun milik Lapas Sarolangun, Sabtu (06/07).

Sebelum melakukan panen sayur, Kalapas Sarolangun berkeliling mengecek kondisi kebun Lapas Sarolangun, banyak aneka tanaman yang ditanam diantaranya tanaman Jagung, Ubi Jalar, Ubi Kayu, Seledri Sayur Sawi, Kankung Darat, dan tanaman yang selesai dipanen akan dirotasi dengan tanaman lain, seperti kacang tanah, kacang panjang, terong, kacang merah.

Kebun tempat bercocok tanam ini sebenarnya sudah dikelola dan diolah sejak lama, namun karena tekstur tanah berair dan kuning akibatnya tanaman sayur sulit tumbuh dan cenderung kerdil, karena kandungan humus yang menjadi penyubur tanah tidak ada.

Berkat keuletan dan kesabaran WBP yang didampingi petugas dalam mengolahnya hamparan lahan yang awalnya kering, berkerikil, kuning dan tandus, berhasil disulap jadi lahan subur nan hijau ditumbuhi aneka tanaman sayur.

Proses penyuburan tanah ini diawali penggemburan tanah dengan cara mencangkul seluruh bagian lahan agar air hujan bisa meresap ke tanah, selanjutnya gumpalan tanah yang sudah dicangkul dihaluskan kembali, selanjutnya dilakukan pembersihan lahan dari batu kerikil agar tanah semakin gembur, terakhir penamburan pupuk kandang secara bertahap terhadap seluruh bagian lahan sehingga kesuburan tanah jadi merata.

Kalapas Sarolangun mengatakan bahwa kedepannya kebun tersebut akan dikelola secara intens. “Lahan cukup luas untuk diolah dan ditanami, kita bersyukur berkat kerja keras petugas dan WBP lahan yang awalnya gersang dan tandus jadi subur,” ujar Kalapas Sarolangun, Irwan.

“Kedepannya kita berharap kebutuhan sayur-sayuran dapur Lapas bisa dipenuhi dari kebun milik Lapas sendiri, minimal 50% kebutuhan sayur di dapur berasal dari kebun Lapas. Hari ini kita melakukan panen sayur sawi, nanti hasilnya akan kita serahkan ke dapur untuk diolah dibuat tumis atau sayur untuk konsumsi Warga Binaan semua,” tutup Kalapas.

 

Kontributor : Lapas Sarolangun

Petugas dan WBP Lapas Sarolangun Sulap Lahan Gersang Jadi Subur | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya