Petugas Lapas Dobo Dampingi ABH di Persidangan

Petugas Lapas Dobo Dampingi ABH di Persidangan

Dobo, INFO_PAS - Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Dobo mendampingi Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) dalam persidangan di Pengadilan Negeri Dobo, Kamis (29/7). Pendampingan ini dilakukan staf admisi orientasi Lapas Dobo, Mario Petta, yang mendapat kepercayaan untuk menjalankan tugas Balai Pemasyarakatan (Bapas) di Dobo.

Pendampingan dilakukan karena tidak adanya petugas Bapas di Dobo. “Karena tidak ada petugas Pembimbing Kemasyarakatan (PK), jadi saya dipercayakan untuk melakukan pendampingan di persidangan hari ini,” ujar Mario.

Agenda sidang tersebut adalah pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). “Sidang ini merupakan sidang perdana bagi ABH, beragendakan pembacaan dakwaan dan pemeriksaan saksi-saksi oleh JPU,” jelas Mario.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Lapas Dobo, Sony Tanikwele, menyampaikan setelah menerima surat permintaan pendampingan kepada ABH, pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan Bapas, dalam hal ini Bapas Saumlaki, yang mempunyai wilayah tugas di Dobo. “Pendampinga telah dilakukan dari saat ABH masih ditahan pihak kepolisian, dilanjutkan ke kejaksaan, dan akhirnya sampai di persidangan,” terang Sony.

Selain perwakilan Lapas Dobo, sidang tersebut juga dihadiri penasihat hukum ABH, Pekerja Sosial, orang tua ABH, serta jaksa dan hakim. Diharapkan dengan adanya pendampingan dari petugas Lapas yang menjalakan tugas dan fungsi PK Bapas di dalam persidangan dapat memberikan masukan yang baik dan memberikan penguatan kepada ABH dalam menerima apapun putasan pengadilan nantinya. (IR)

 

Kontributor: Lapas Dobo

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0