Petugas LPP Kendari Sortir Pakaian & Geledah Kamar WBP

Share:

Kendari, INFO_PAS – Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas III Kendari melakukan penyortiran pakaian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan penggeledahan blok hunian pada Jumat (8/2) dan Sabtu (9/2) lalu. Ini merupakan tindak lanjut dari teleconference yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

Saat penyortiran pakaian, petugas memilih dan memilah pakaian untuk digunakan WBP. Jumlah pakaian WBP dibatasi masing-masing memiliki maksimal enam pasang. Nantinya, pakaian yang berlebih akan dikembalikan kepada keluarga WBP.

“Baju yang diperbolehkan untuk beraktivitas dan menerima kunjungan adalah baju yang telah disediakan oleh lapas. Warna biru untuk narapidana dan pink untuk tahanan, serta mukena warna putih agar menghindari persaingan di dalam lapas,” pesan Kepala Lapas Perempuan Kendari, Rita Ribawati.

Hal ini, menurut Rita, juga dilakukan untuk mengurangi kesempitan ruang hunian WBP yang memang sudah full. “Intinya agar nyaman dan bersih kamar huniannya,” tambah Rita.

sosialisasi oleh Kalapas

Usai penyortiran, dilaksanakan pula pengeledahan terhadap blok hunian WBP. Sasaran penggeledahan kali ini adalah benda-benda tajam, obat-obatan yang disimpan tanpa pantauan petugas medis, penertiban kabel colokan dalam kamar hunian, handphone, dan barang-barang lain yang dilarang masuk ke dalam blok hunian.

“Kami bertekad zero handphone, pungutan liar, dan narkoba. Bukan hanya slogan, tapi betul-betul riil dan akan semakin sering dilakukan penggeledahan pada kamar hunian sewaktu-waktu,” tegas Rita.

Selanjutnya, Rita memberikan sosialisasi kepada WBP mengenai langkah-langkah progresif pemberantasan pengendalian narkoba yang akan dilaksanakan di Lapas Perempuan Kendari.

 

 

Kontributor: Rahmayanti

Petugas LPP Kendari Sortir Pakaian & Geledah Kamar WBP | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya