Purnabhakti, Kacabrutan Wonreli Tutup Masa Pengabdian

Share:

Ambon, INFO_PAS – Kepala Cabang Rumah Tahanan Negara (Kacabrutan) Wonreli, Yusuf Silas Maromon, menutup usia masa pengabdiannya bagi institusi Pemasyarakatan setelah 33,5 tahun masa kerja. Ia pun dilepas oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku, Priyadi, Selasa (3/9) jelang memasuki masa purnabhakti.

“Rekan kerja sekaligus orang tua kita yang satu ini merupakan tauladan dan contoh bagi generasi muda,” puji Priyadi.

Selama menjabat, Maromon dikenal sebagai sosok pimpinan yang aktif bersinergi secara internal di jajaran Kemenkumham maupun dengan instansi terkait atau eksternal.

“Kerja sama dan sinergi antar instansi seperti Komando Distrik Militer, Polisi Resor, Pengadilan, Kejaksaan, Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Barat Daya, Camat dan Lurah, termasuk RT/RW dan warga di Wonreli, semua dirangkul dengan baik oleh beliau,” lanjut Kakanwil.

Ia mengucapkan terima kasih atas pengabdian Maromon sehingga situasi dan kondisi Cabang Rutan Wonreli berjalan aman dan tertib meskipun berada di kepulauan terdepan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste dan Australia.

“Tingkat kejahatan seperti traffiking (penjualan manusia), narkoba, dan teroris di wilayah perbatasan sangat tinggi. Saya salut dengan beliau,” tambahnya.

Sementara itu, Maromon mengisahkan awal pengabdiannya di Departemen Kehakiman mulai tahun 1981 dengan mengawali masa kerja dengan ijazah Sekolah Dasar dengan pangkat golongan Juru Muda (I/a).

“Penghasilan saat itu yang sangat kecil membuat saya harus bekerja sampingan, namun saya bersyukur kepada Tuhan bahwa sampai saat menyelesaikan masa pengabdian ini saya bisa pensiun dengan gelar sarjana,” kenangnya.

Kata-kata perpisahan Maromon ditutup dengan ucapan terima kasih kepada Kakanwil Kemenkumham Maluku, para Kepala Divisi, pejabat, dan seluruh staf yang telah bersama-sama mendukung dan bekerja sama dalam menyelesaikan semua pekerjaan selama masa dinasnya.

“Tak lupa juga saya sampaikan permintaan maaf atas nama pribadi dan keluarga bila dalam menjalankan tugas terdapat kekeliruan dan kesalahan. Semoga jajaran Kemenkumham, terkhusus institusi Pemasyarakatan kedepan semakin baik meski saya telah menjalani masa purna bhakti terhitung 1 Oktober 2017,” tutupnya.

Acara pelepasan purnabhakti Kacabrutan Wonreli tersebut dihadiri oleh semua jajaran yang berlangsung khidmat dan diakhiri dengan jabat tangan serta ucapan selamat memasuki masa purnabhakti.

 

 

Kontributor: Tersih V.N.

Purnabhakti, Kacabrutan Wonreli Tutup Masa Pengabdian | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya