Rakor Petugas Kesehatan Perkuat Penanganan TB/HIV di LPN Sungguminasa

Share:

Sungguminasa, INFO_PAS – Petugas kesehatan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Sungguminasa melakukan rapat koordinasi penanganan TB/HIV, Rabu (16/5) di ruang kepala lapas. Pertemuan ini dilaksanakan sebagai sarana silaturahmi dan penguatan program serta evaluasi kinerja dan mengukur sejauhmana sumbangsih program dalam mengurangi dan menurunkan angka penularan kesakitan karena penyakit TB/HIV di Lapas Narkotika Sungguminasa.

Selain petugas kesehatan Lapas Narkotika Sungguminasa, hadir pula perwakilan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gowa, RSUD Syekh Yusuf, PKM Patalassang, PKM Bontomarannu, serta Yayasan TB Care Aisyah. Adapun hal yang dibahas adalah evaluasi pelaksanaan kegiatan penanggulangan TB/HIV di Lapas Narkotika Sungguminasa dan Lapas Perempuan Sungguminasa yang menjadi area program, follow up program penanganan TB/HIV Care yang dijalankan pihak lapas, dan langkah bersama terkait dengan progress program penanganan TB/HIV.

Andi Mappaewa selaku petugas kesehatan Lapas Narkotika Sungguminasa mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk memperoleh kegiatan yang mempunyai daya ungkit tinggi sehingga peranan masing-masing pengelola program TB dapat berjalan dengan sinergi.

rakor penanganan TB/HIV

“Kita lakukan kegiatan ini sebagai evaluasi kinerja, koordinasi pelaksanaan program dan teknis implementasinya, serta penyusunan laporan maupun rencana kerja ke depan pada periode selanjutnya,” terang Ewa, sapaan akrabnya.

Sementara itu, pengolah data kesehatan Lapas Narkotika Sungguminasa, Surianti, menjelaskan program TB/HIV Care saat ini tengah merambah pada kolaborasi program nasional penanggulangan penyakit menular sehingga kebutuhan VCT pada fasilitas layanan kesehatan di lapas juga menjadi sorotan pada pertemuan tersebut.

“Selain pencegahan dan penanggulangan penyakit TB, kami juga telah merambah untuk penemuan kasus khususnya pada pembesuk dengan penderita TB,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Hendra selaku perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa menyampaikan terima kasihnya atas dedikasi Lapas Narkotika Sungguminasa dalam membantu program-program Dinkes Kabupaten Gowa. Salah satunya dalam penanggulangan penyakit TB/HIV.

 

 

Kontributor: Irsal

Rakor Petugas Kesehatan Perkuat Penanganan TB/HIV di LPN Sungguminasa | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya