Razia Cabrutan Saparua, Ini Temuan Satgas Kamtib Maluku

Share:

Saparua, INFO_PAS – Satuan Tugas (Satgas) Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku melaksanakan Bimbingan, Monitoring, Pengawasan, dan Pengendalian di Cabang Rumah Tahanan Negara (Cabrutan) Saparua, Rabu (30/5). Beranggotakan enam personil, Tim Satgas Kamtib dipimpin langsung oleh Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan, Frans E. Nico.

“Kami ingin memastikan kondisi Cabrutan Saparua tetap aman dalam menyikapi isu-isu yang terjadi belakangan ini. Oleh sebab itu, razia harus kami laksanakan bukan hanya kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), tetapi kesiapan petugas juga harus kita periksa,” tegas Nico.

Hasilnya, Tim Satgas Kamtib berhasil menyita barang-barang terlarang seperti korek api, cutter, paku, sendok besi, dan gelas kaca. “Kedepannya barang-barang seperti ini tidak boleh lagi berada di dalam kamar penghuni,” tambah Kepala Bidang Kamtib Kanwil Kemenkumham Maluku, Lissa Kiessya.

razia di Cabrutan Saparua

Selain melaksanakan penggeledahan, Tim Satgas Kamtib juga melakukan tes urin bagi seluruh petugas dan WBP Cabrutan Saparua. Dari total 26 sampel urin yang diperiksa, hasil seluruhnya negatif narkoba.

Pada kesempatan tersebut Kadiv Pemasyarakatan juga memberikan penguatan bagi seluruh petugasdan Calon Pegawai Negeri Sipil Cabrutan Saparua terkait profesionalisme petugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korups dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani.

“Petugas Pemasyarakatan harus bersih dari pungutan liar (pungli), narkoba, serta jaga kekompakan dan selalu berinovasi dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat sesuai tuga sdan fungsi masing-masing,” pesan Nico.

Sementara itu, Kepala Cabrutan Saparua, Leo Laturete, berterima kasih atas dilakukannya razia di unit yang dipimpinnya. “Kami akan terus melakukan pembenahan dan memastikan Cabrutan Saparua tetap aman serta bebas dari pungli dan narkoba,” janji Leo.

 

 

Kontributor: Kevin L.

Razia Cabrutan Saparua, Ini Temuan Satgas Kamtib Maluku | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya